Rabu, 24/04/2024 - 01:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Selesaikan Kesepakatan Kapal Tempur Dengan Pakistan

ADVERTISEMENTS

Sebuah gambar futuristik pesawat JF-17 buatan Pakistan-Cina (ilustrasi). Media Cina melaporkan Cina mengirimkan dua kapal fregat ke Pakistan untuk menyelesaikan kesepakatan empat kapal perang tahun 2018.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BEIJING — Media Cina melaporkan Cina mengirimkan dua kapal fregat ke Pakistan untuk menyelesaikan kesepakatan empat kapal perang tahun 2018. Kerja sama antara dua negara di salah satu kawasan geopolitik paling rumit di dunia itu semakin mendalam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pada Kamis (11/5/2023) surat kabar yang didukung pemerintah Cina, Global Times melaporkan dua kapal fregat jenis 054A akan digunakan untuk mengamankan Koridor Ekonomi Cina-Pakistan (CPEC). CPEC merupakan proyek infrastruktur ambius yang menghubungkan Xinjiang di Cina barat dengan Pakistan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Oposisi Menang di Pemilu Lokal, Erdogan Terancam

Proyek itu bertujuan untuk membuka jalur alternatif pengiriman komoditas termasuk gas di masa depan. CPEC bagian dari jaringan Pelabuhan Gwadar, Pakistan yang berlokasi di perairan Laut Arab yang strategis.

ADVERTISEMENTS

Cina dan Pakistan mempererat hubungan ekonomi dan militernya di tengah perubahan geopolitik. Pakistan meningkatkan belanja militer ke Cina dan dua negara bertetangga itu juga menggelar latihan gabungan untuk mengamankan aset-aset dan rute perdagangannya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Bagi Cina, Pakistan dan akses ke Laut Arab sangat penting bila ada blokade di Selat Malaka. Pada Maret tahun lalu Cina mengirimkan gelombang pertama enam pesawat tempur J-10 ke Pakistan. Islamabad juga memesan delapan kapal selam Kelas Hangor dari Cina yang diperkirakan tiba sebelum 2028.

Berita Lainnya:
Polandia Kejar Permintaan Maaf dan Ganti Rugi untuk Keluarga Petugas WCK

Pada awal pekan ini Menteri Pertahan Cina memberitahu komandan Angkatan Laut Pakistan kedua negara harus “memperluas kerja sama di bidang baru” termasuk antara angkatan laut untuk meningkatkan kapabilitas menjaga keamanan kawasan.

“Menurut saya prospek kerja sama antara dua belah pihak, semakin kuat,” kata pengamat militer Cina Song Zhongping di Phoenix TV.

Sementara hubungan Cina dengan India, negara tetangga yang memiliki sejumlah perselisihan dengan Pakistan, semakin memburuk beberapa tahun terakhir. Keputusan Amerika Serikat (AS) menarik pasukannya di Afghanistan memicu ketidakpastian di kawasan, mendorong Cina dan Pakistan memperkuat persekutuan.

“Menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia Selatan sesuai dengan kepentingan aktual dua negara,” kata Song.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi