Rabu, 24/04/2024 - 18:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ramai Salam Ala Yahudi Al Zaytun, Wapres Minta Kemenag-MUI Bertindak

ADVERTISEMENTS

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin merespon viralnya di media sosial video pendiri Ma’had Al-Zaytun Panji Gumilang melakukan salam ala Yahudi dan menyanyikan havenu shalom aleichem.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin merespon viralnya di media sosial video pendiri Ma’had Al-Zaytun Panji Gumilang melakukan salam ala Yahudi dan menyanyikan havenu shalom aleichem. Kiai Ma’ruf meminta Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan pembahasan untuk mengantisipasi keresahan masyarakat yang dapat berlanjut pada ketegangan-ketegangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Jangan adalah ketegangan-ketegangan yang diakibatkan oleh isu-isu agama yang tidak lazim selama ini. Karena itu saya meminta Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia membahas masalah ini, supaya jangan sampai isu ini ya merebak kemudian menjadi kemarahan dari masyarakat,” ujar Kiai Ma’ruf dalam keterangan persnya kepada wartawan di sela kunjungan kerja ke Maluku Utara, Jumat (12/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PB SEMMI: Putusan Terhadap Anwar Usman Kental Nuansa Politis

Kiai Ma\’ruf menekankan agar Kemenag dan MUI melakukan pembahasan serius mengenai masalah tersebut. Tujuannya untuk memastikan masyarakat tetap tenang menanggapi persoalan tersebut.

ADVERTISEMENTS

Sebab, kata Ketua Dewan Pertimbangan MUI tersebut, masalah-masalah sensitif berkaitan isu agama dapat memicu kemarahan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Saya kira harus ada penelitian pembahasan yang serius, ini untuk menjaga ketenangan. Apalagi mau kita dalam tahun pemilu jangan sampai ditambahi ya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, tingkat kerawanan Pemilu yang sudah ada, jangan ditambah dengan masalah-masalah lainnya.

“Karena masalah Pemilu saja sudah cukup rawan kalau tidak kita kelola dengan baik jangan sampai isu-isu seperti ini menambah,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Tetap Harmonis dengan Presiden Jokowi, Ini yang Dilakukan Wapres Maruf Amin

Sebelumnya, wiral di media sosial video yang menunjukkan pendiri Ma’had Al-Zaytun, Panji Gumilang mengajak hadirin untuk menyanyikan salam ala Yahudi, havenu shalom aleichem. Video viral itu diunggah oleh akun Instagram @say.kocak, Ahad (7/5/2023). Dalam unggahan video tersebut Panji Gumilang mengajak santri dan tamu undangan untuk mengucapkan salam yang identik untuk umat Yahudi, selain ucapan salam umat Islam.

“Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita ‘havenu shalom aleichem’ dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu Suro,” ujar Panji seperti dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Selasa (9/5/2023).

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi