Kamis, 25/04/2024 - 14:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

BI: Digitalisasi Berdampak pada Ekonomi Tumbuh Lebih Cepat

ADVERTISEMENTS

Pengunjung melakukan transaksasi digital dengan aplikasi pembayaran kepada pedagang di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/9/2021). Bank Indonesia (BI) menyatakan digitalisasi pada sistem keuangan berdampak pada ekonomi yang tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 SOLO — Bank Indonesia (BI) menyatakan digitalisasi pada sistem keuangan berdampak pada ekonomi yang tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional. Saat ini, digitalisasi telah membudaya di seluruh kalangan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Digitalisasi ini kan sudah makin membudaya, masyarakat makin terbiasa,” kata Kepala Kantor BI Surakarta Nugroho Joko Prastowo di Solo, Sabtu (13/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Daop 7: Volume Penumpang Kereta Api Saat Hari Raya Idul Fitri Tinggi

Ia mengatakan saat ini digitalisasi tidak hanya membudaya di kalangan muda, modern, serta di pusat belanja modern tetapi juga di pasar tradisional yang sudah makin terbiasa menggunakan QRIS.

ADVERTISEMENTS

“Pakai QRIS ini kan cepat, mudah, murah, aman, dan andal. Oleh karena itu, kami dorong terus digitalisasi ini,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia mengatakan awalnya digitalisasi mulai banyak digunakan oleh masyarakat saat COVID-19 di mana setiap orang diminta untuk mengurangi kontak secara langsung. “Dengan demikian lebih aman, selain itu juga terhindar dari risiko uang palsu, tidak perlu pengembalian. Kami dorong itu,” katanya.

Bahkan, dikatakannya, sejak dua tahun lalu BI berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk menerapkan digitalisasi pada Solo Great Sale (SGS).

Berita Lainnya:
Pertamina Hulu Rokan Terima Penghargaan di Brazil

“Bagaimana SGS lebih digital, baik secara penjualan maupun pembayaran. Pada digitalisasi ini kami terus sosialisasikan QRIS dan BI Fast. Kalau ritel bisa dengan QRIS, sedangkan kalau whole sale atau nilai belanjanya gede bisa dengan BI Fast. Misalnya beli mobil pakai BI Fast, jadi masing-masing punya segmen,” katanya.

Ia mengatakan dengan digitalisasi maka uang akan cepat sampai kepada penjual sehingga bisa digunakan untuk berjualan kembali. “Dengan begitu ekonomi akan tumbuh lebih cepat,” katanya.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi