Kamis, 18/04/2024 - 07:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BMKG Imbau Warga NTT Waspadai Wilayah Berstatus Sangat Mudah Terbakar

ADVERTISEMENTS

Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan (ilustrasi). BMKG mengimbau warga NTT mewaspadai kondisi wilayahn yang berstatus sangat mudah terbakar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

KUPANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai kondisi wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) berstatus sangat mudah terbakar. Pasalnya, wilayah itu berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Wilayah 22 kabupaten/kota di NTT memiliki tingkat kemudahan terbakar dengan status sangat mudah sehingga perlu diwaspadai akan ancaman kebakaran hutan dan lahan,” kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Sabtu (20/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Viral Fenomena Kemunculan 'Gunung' di Tengah Sawah di Grobogan, Ini Kata Badan Geologi

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan peringatan dini karhutla di wilayah NTT yang berlaku 20 Mei 2023. Dia menjelaskan 22 kabupaten/kota se-NTT saat ini dalam kondisi zona merah atau memiliki tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah yang sangat mudah.

Artinya, kata dia, kondisi alang-alang atau dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi sangat kering dan mudah terbakar. Agung mengimbau warga NTT meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi karhutla serta melakukan langkah pencegahan berupa menghindari aktivitas yang dapat memicu titik api di area terbuka.

Berita Lainnya:
Hasto Ungkap Jokowi Sempat Utus Menteri Agar Megawati Serahkan Kursi Ketum PDIP

Warga, kata dia, perlu menghindari tindakan membuka atau mengatasi rumput atau dedaunan di lahan pertanian dengan cara membakar. Selain itu, kata dia, warga tidak boleh membuang puntung rokok di area terbuka yang terdapat tumpukan daun atau rumput kering yang mudah tersambar api.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia mengatakan dalam kondisi wilayah NTT yang juga berpotensi dilanda angin kencang, titik api yang muncul akan bisa cepat membesar atau meluas sehingga lebih sulit dipadamkan. “Oleh sebab itu lebih baik kita mencegah munculnya karhutla dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi