Rabu, 17/04/2024 - 04:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ketujuh Kalinya PLTN Zaporizhzhia Kembali Kehilangan Pasokan Listrik

ADVERTISEMENTS

Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina terputus dari pasokan listrik eksternal sehingga mengandalkan generator darurat untuk mendinginkan bahan bakar nuklir dan mencegah bencana nuklir.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

KIEV — Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina terputus dari pasokan listrik eksternal sehingga mengandalkan generator darurat untuk mendinginkan bahan bakar nuklir dan mencegah bencana nuklir. Rusia dan Ukraina saling menyalahkan atas pemadaman listrik di PLTN tersebut.

ADVERTISEMENTS

Pejabat yang ditempatkan Rusia mengatakan Ukraina memutus jaringan listrik. Sementara perusahaan energi Ukraina, Energoatom mengatakan pemadaman disebabkan tembakan tentara Rusia.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi mengkonfirmasi pemadaman tersebut. Ia mengatakan situasi keamanan di PLTN Zaporizhzhia sangat rentan.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Biden Sebut Jembatan Ambruk di Baltimore Sebagai Insiden yang tak Disengaja

“Sekarang kami harus sepakat untuk melindungi pembangkit listrik; situasi ini tidak bisa berlanjut,” kata Grossi di media sosial Twitter, Senin (22/5/2023).

Meski enam reaktor di PLTN itu mati tapi reaktor-reaktor tersebut masih harus mendapat pasokan listrik agar bahan bakar nuklir didalamnya dingin dan tidak mencair. Energoatom mengatakan generator diesel memiliki bahan bakar cukup untuk 10 hari.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Hitung mundur telah dimulai,” kata perusahaan itu dalam pernyataannya yang diunggah di internet.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

PLTN Zaporizhzhia terletak di daerah pendudukan Rusia di selatan Ukraina, dekat garis depan sepanjang Sungai Dnipro. PLTN tersebut merupakan PLTN terbesar di Eropa dan sudah berulang kali ditembak selama invasi Rusia. Energoatom mengatakan ini ketujuh kalinya PLTN Zaporizhzhia kehilangan pasokan listrik sejak invasi penuh Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Di semua peristiwa sebelumnya, pembangkit listrik eksternal diperbaiki ketika generator darurat dipakai.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
125 Ribu Warga Palestina Hadiri Sholat Jumat di Al Aqsa Meski Dibatasi Israel

Sebelum invasi Rusia, PLTN Zaporizhzhia memenuhi seperlima kebutuhan listrik Ukraina. Kementerian Energi Ukraina mengatakan hampir 250 ribu konsumen di wilayah Zaporizhzhia kehilangan pasokan listrik karena gardu-gardu listrik rusak oleh tembakan Rusia. Tapi sebagian besar pasokan listrik konsumen sudah dipulihkan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi