Jumat, 26/04/2024 - 05:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

EF Hello Future Hadir di Negeri Sejuta Ladang, Optimalkan Pembelajaran Kreatif

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Konsistensi EF Kids & Teens Indonesia dalam mewujudkan komitmen turut memajukan pendidikan di Tanah Air dan misi untuk mengeliminir berbagai tantangan yang hadir dari adanya keberagaman perbedaan, kembali direalisasikan melalui inisiatif serta program-program kebermanfaatan jangka panjang. Salah satunya, EF Hello Future #Teacher for the Future yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

EF Hello Future #Teacher for the Future merupakan program kolaborasi EF bersama Indonesia Mengajar dan Disdikpora Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, berupa Pelatihan Pembelajaran Kreatif Guru Bahasa Inggris Tingkat SD. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Program ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik agar lebih kreatif, solid serta semakin agile dalam menjawab tantangan pendidikan saat ini dan di masa depan.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Afan Suryadi, Country Director EF English First Kids & Teens mengungkapkan, sejak 2014 EF telah mendukung program Indonesia Mengajar dengan mengirim pengajar-pengajar muda menjangkau pelosok daerah di Indonesia. Program EF Hello Future telah dimanfaatkan sebagai wadah praktik pelatihan pengajaran Bahasa Inggris yang kreatif oleh guru-guru bahasa Inggris Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dari berbagai daerah pelosok di Indonesia. 

ADVERTISEMENTS

“Di tahun kedua implementasi program, bekerja sama dengan Disdikpora Kabupaten Boalemo, kami kembali menghadirkan EF Hello Future di Negeri Sejuta Ladang. Program EF Hello Future tahun ini menjadi lebih spesial, jika di tahun lalu pelatihan harus kami lakukan secara hybrid, kali ini pelatihan guru di Kab. Boalemo dapat dilakukan onsite,” kata dia dalam keterangannya yang diterima Selasa (23/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tidak hanya itu saja, Learning Development Team EF Kids & Teens bersama Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar yang ditempatkan di Boalemo, kali ini juga mengadakan serangkaian kegiatan onsite lainnya. Seperti kelas inspirasi dan pelatihan Bahasa Inggris sederhana bagi siswa/i Sekolah Dasar, serta aktivitas bersama tenaga pendidik dan masyarakat di desa Olibu. 

Berita Lainnya:
Anggota DPR Sebut Penyebab Guru Honorer tak Kunjung Jadi ASN

Pada kesempatan membuka rangkaian kegiatan EF Hello Future di aula SMP Negeri 1 Tilamuta, Plt Bupati Boalemo Dr Hendriwan MSi menyampaikan apresiasi dan dukungan penuhnya terhadap upaya pihak-pihak yang turut andil dalam menyukseskan pendidikan di Kabupaten Boalemo. 

“Boalemo merupakan kabupaten yang memiliki potensial besar dari segi sumber daya alamnya. Dengan SDA yang melimpah, kebutuhan akan SDM berkualitas menjadi prioritas utama bagi pembangunan dan menjadi satu aset penting bagi daerah untuk bisa bergerak lebih cepat,” ujarnya. 

Pendidikan, kata dia, menjadi poros penggerak utama dalam mencetak SDM unggul sekaligus berperan penting dalam meningkatkan perekonomian dan membangun masyarakat yang sejahtera. “Untuk itu, kami sangat menyambut baik adanya program pelatihan ini karena akan mendukung terciptanya SDM unggul dan berkualitas yang Boalemo butuhkan,” ujar Plt Bupati Boalemo.

EF Hello Future #Teacher for the Future bertajuk, “Pelatihan Metode Kreatif Bahasa Inggris dan Kelas Inspirasi di Boalemo” diisi dengan sesi dan berbagai materi fun learning. Sekitar 40 partisipan guru dari Sekolah Dasar se-Boalemo sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian yang diberikan. 

Pelatihan juga dihidupkan dengan sesi ice breaking yang seru, dimana pengajar muda yang menjadi fasilitator bersama tim EF mengajak partisipan guru untuk bersama-sama memeragakan EF Dance.

Sandra Helingo dari SDN 19 Dulupi, Kabupaten Boalemo, salah satu guru partisipan program menuturkan, meski dirinya bukan guru Bahasa Inggris tetap di sekolahnya, ia bersyukur bisa dan mampu mengikuti materi yang diberikan selama lokakarya. Ia juga mengapresiasi para pengajar dan metode pembelajaran kreatif dari EF Hello Future.

Berita Lainnya:
Kurikulum Merdeka Resmi Jadi Kurikulum Nasional

“Dari berbagai pelatihan Bahasa Inggris yang saya ikuti, menurut saya EF punya pendekatan yang berbeda dan menarik sehingga membuat pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan mampu mematahkan stigma bahwa Bahasa Inggris itu sulit,” ujarnya. 

Kata dia, yang membuat kurangnya ketertarikan dengan Bahasa Inggris di kalangan murid, salah satu yang menjadi momok adalah perbedaan antara tulisan dan cara membacanya. Oleh karenanya, terima kasih kepada tim EF dan Indonesia Mengajar. 

“Saya yakin dan percaya penerapan metode pembelajaran kreatif ini dapat mendorong murid-murid tidak lagi takut dan ragu, serta bosan untuk belajar Bahasa Inggris. Mari bersama-sama terus bergerak, tergerak, dan menggerakkan,” paparnya.

Program EF Hello Future yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 hingga 13 Mei 2023 sekaligus EF jadikan sebagai momen untuk mengakselerasi dan mengoptimalkan penerapan pembelajaran kreatif yang memanfaatkan metode PPP (Present, Practice, Produce), sambil bersosialisasi dengan masyarakat desa sekitar.

“Antusiasme besar terhadap program EF Hello Future tidak hanya kami rasakan dari guru-guru dan murid, tapi juga masyarakat dari desa sekitar seperti desa Olibu, Buba, Bajo dan lainnya,” ujar Juli Simatupang, Director of Corporate Affairs EF Indonesia. 

Dalam kegiatan jelajah desa, kata dia, masyarakat dari berbagai kalangan usia memberikan sambutan hangatnya dan antusias sekali berbagi tentang kearifan lokal di wilayahnya. Pihaknya pun senang, di setiap program yang dijalankan selalu ada insight baru yang memperkaya khazanah kami dalam mengembangkan metode pembelajaran berkesinambungan, yang pada akhirnya bisa menghadirkan solusi, khususnya bagaimana menjadi lebih kreatif dalam proses belajar mengajar dan berpendidikan, di tengah tantangan yang ada dan akan dihadapi.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi