Pembaruan iOS 16.5 Ternyata Picu Masalah

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Pembaruan iOS 16.5 yang dirilis beberapa hari lalu ternyata memiliki masalah besar. Pengguna mengatakan bahwa versi baru dari sistem operasi telah menghentikan adaptor Lightning to USB 3 mereka berfungsi.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Masalah adaptor Apple Lightning to USB 3 tidak berfungsi dengan iOS 16.5 ini terungkap ketika pengguna di reddit dan forum dukungan Apple mengangkat suara mereka untuk mengeluh bahwa mereka tidak dapat menggunakan adaptor Apple Lightning to USB 3 dengan iPhone mereka, setelah mereka memperbarui ponsel mereka ke iOS 16.5. Masalah tersebut juga memengaruhi iPadOS 16.5.

ADVERTISEMENTS

Dilansir dari Ghacks, Selasa (23/5/2023), dongle yang dimaksud dijual oleh Apple, yang agak ironis.

ADVERTISEMENTS

Sebagai catatan 9to5Mac, adaptor USB diiklankan sebagai “aksesori adaptor kamera”, tetapi banyak pengguna iPhone dan iPad menghubungkannya ke perangkat lain yang memiliki port USB-A, seperti hard drive eksternal, Digital Audio Converters (DAC), Ethernet adaptor, mikrofon, dan lain-lain. Deskripsi produk menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk terhubung dengan periferal USB seperti Hub, adaptor Ethernet, dll.

ADVERTISEMENTS

Posting blog Macrumors mengatakan bahwa laporan dari pengguna menunjukkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan adaptor USB untuk mengisi daya perangkat mereka, atau untuk menyambungkan ke stereo mobil mereka.

ADVERTISEMENTS

Seorang pengguna telah melaporkan bahwa aksesori yang mereka gunakan untuk terhubung ke pengontrol berfungsi pada iPhone lain yang belum mereka perbarui, tetapi tidak akan berfungsi pada ponsel tempat mereka menginstal pembaruan. Banyak pengguna lain mengatakan bahwa mereka mengalami masalah serupa dengan dongle USB mereka.

Beberapa pengguna yang terpengaruh oleh masalah tersebut mengklaim bahwa ketika mereka menghubungi Dukungan Apple untuk meminta bantuan, perwakilan perusahaan telah menyangkal bahwa mereka mengetahui masalah tersebut. Agak aneh bahwa bug tersebut tidak ditemukan di iOS 16.5 beta atau versi RC, mengingat mereka sedang diuji selama beberapa pekan.

Meskipun tidak ada konfirmasi resmi tentang masalah tersebut, Ghacks pikir itu hanya bug pada perangkat lunak. Spekulasi dari pengguna menunjukkan bahwa Apple mungkin telah menambal kerentanan untuk mencegah vektor serangan fisik (peretas menghubungkan ke telepon), dan bahwa perubahan yang dilakukan untuk mengamankan perangkat mungkin secara tidak sengaja merusak kompatibilitas dengan adaptor USB sepenuhnya.

Ghacks harus menyebutkan bahwa bug tersebut tampaknya hanya memengaruhi adaptor USB 3, dongle lain seperti adaptor headphone lightning to 3.5 mm berfungsi baik dengan iOS 16.5.

Anda dapat melewatkan pembaruan iOS 16.5 untuk menghindari bug, tetapi apakah itu ide yang bagus? Jawabannya adalah perlu diketahui bahwa pembaruan dikirimkan dengan perbaikan untuk beberapa kerentanan, termasuk perbaikan keamanan untuk tiga masalah yang dieksploitasi secara aktif.

Jadi, terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda harus melewatkan pembaruan jika Anda ingin menggunakan aksesori USB, atau menginstal pembaruan agar tetap aman. Karena masalah ini telah dilaporkan oleh banyak pengguna, ada kemungkinan Apple dapat merilis hotfix untuk menambal kompatibilitas adaptor USB 3 dalam beberapa hari mendatang. Tidak jelas apakah iOS 16.6 beta yang dirilis baru-baru ini memperbaiki masalah tersebut.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version