Sabtu, 20/04/2024 - 20:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kabupaten Bima Pastikan Ketersediaan Sapi Potong Jelang Idul Adha 2023

ADVERTISEMENTS

 BIMA — Pemerintah Kabupaten Bima memastikan ketersediaan sapi potong jelang Idul Adha 2023 mendatang dalam kondisi aman dan terkendali. Tercatat, pengiriman sapi bima untuk wilayah Jabodetabek mencapai 24.000 ekor yang akan dikirim melalui kapal-kapal trak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bima, Indra Jaya menyampaikan bahwa kondisi sapi yang dikirim adalah sapi sehat yang sudah melalui berbagai pemeriksaan tim dokter hewan setempat. Sebagian di antaranya bahkan sudah dilakukan penggemukan sejak beberapa bulan lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Jadi saya pastikan jelang idul adha mendatang sapi Bima siap memenuhi pasar Jabodetabek dan kota-kota lainya. Semua sapi sehat karena sudah melalui pemeriksaan ketat dari dokter hewan yang bertugas,” ujar Indra, Rabu (24/5/2023).

ADVERTISEMENTS

Menurut Indra, satu-satunya masalah yang masih dihadapi adalah kurangnya kapal pengangkut menuju Gilimanuk, Bakauheni dan sampai pada pelabuhan Jakarta. Meski begitu, masalah tersebut sudah diurai dan sapi yang dikirim sudah 90 persen. 

“Hampir 90 persen sudah berangkat walaupun sebelumnya ada masalah pada kapal pengangkut. Jadi sekalu lagi untuk kesiapan dan ketersediaan dalam kondisi aman,” katanya.

Sejauh ini, Indra menyampaikan terimakasih kepada jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang terus mendampingi peternak dalam proses penggemukan. Mereka bahkan diberi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagian akses permodalan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
KCIC: Calon Penumpang Whoosh Sudah Bisa Refund dan Reschedule Online

“Kelompok petani prioritas Kabupaten Bima Alhamdulliah sudah mendapat perhatian baik dari Pemda maupun Kementan. Salah satunya dengan akses KUR pertanian,” katanya.

Kepala Balai Karantina Pertanian Sumbawa, Ida Bagus Putu Raka Ariana memastikan bahwa semua hewan baik yang masuk maupun keluar melalui pelabuhan di wilayahnya dalam kondisi aman karena telah masuk proses vaksin maupun scan. Yang pasti, kata Raka, frekuensi hewan yang keluar masuk meningkat hingga mencapai 30 ribu ekor.

“Peran karantina sesuai dengan tupoksinya adalah mencegah hama penyakit dari satu pulau ke pulau lainnya. Kemudian kami juga telah memastikan bahwa selama idul adha ini yang keluar dari sumbawa melalui pelabuhan laut dalam kondisi sehat. Hanya saja frekuensinya pengiriman meningkat hingga 30 ribu ekor. Kami memastikan vaksinasi dan scan terhadap sapi yang keluar sudah dilakukan secara baik,” katanya.

Pengusaha sapi dari Bima Jaya Farm, Ilman mengatakan bahwa kolaborasi pemerintah dan peternak terus berjalan baik. Karena itu, tahun ini Bima Jaya Farm menargetkan 4000 pengiriman yang akan didistribusikan ke Jabodetabek.

Berita Lainnya:
Menteri ESDM: Draf Perpanjangan Izin Vale Sudah di Menteri Investasi

“Perusahaan saya menargetkan 4000 ekor sampai 5000 ekor, baik untuk konsumen langsung maupun ke pedagang di Jabodetabek. Insyaallah semua berjalan baik karena kolaborasi pemerintah dan peternak terus berjalan baik,” katanya.

Ilman menjamin, Sapi-sapi yang dikirimnya dalam kondisi sehat dan bahkan memiliki keunggulan apabila dibandingkan dengan sapi dari daerah lain. Salah satunya jumlah daging atau karkasnya jauh lebih banyak.

“Pertama harga sapi bima sangat terjangkau, bahkan hanya dengan harga Rp 11 juta saja masyarakat bisa dapat satu ekor sapi. Dan kedua jumlah daging atau karkasnya jauh lebih banyak,” jelasnya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan bahwa selama ini pemerintah terus melakukan pendampingan serta pengawasan terhadap para peternak sapi di seluruh Indonesia. Bahkan, pemerintah juga menjamin kesehatan hewan dari berbagai penyakit menular seperti PMK.

“Ketersediaan vaksin kita sangat cukup untuk menjamin kesehatan hewan jelang idul adha mendatang. Kami berharap pengawasan dan pendampingan juga dilakukan semua pemerintah daerah,” jelasnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi