Jumat, 26/04/2024 - 03:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Erick Angkat Suara Soal Rumor LG Hengkang dari Proyek Baterai EV

ADVERTISEMENTS

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) didampingi Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kanan) dan Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga (kiri) pada konferensi pers pendirian Indonesia Battery Corporation (IBC) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (26/3/2021). Indonesia Battery Corporation (IBC) didirikan sebagai holding untuk mengelola ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik (Electric Vehicle Battery) yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat suara mengenai kabar hengkangnya perusahaan baterai kendaraan listrik Korea Selatan, LG Energy Solution (LG) dari ekosistem kendaraan listrik Indonesia yakni Indonesia Battery Corporation (IBC). Erick mengatakan IBC pada prinsipnya terbuka dengan seluruh pihak yang ingin bekerja sama dalam mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Pertamina Sebut tidak Ada SPBU Terdampak Ledakan Gudang Amunisi TNI

“LG sendiri konteksnya itu kan ada beberapa perusahaan konsorsium yang di dalamnya ingin mencari solusi satu sama lainnya. Saya lihat ini belum batal total, masih proses,” ujar Erick di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selama ini, Erick terus mendorong IBC untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, baik itu LG, CATL dari Cina atau juga Volkswagen hingga Ford sebagai produsen otomotif terkemuka di dunia. Erick optimistis Indonesia sebagai produsen nikel terbesar akan tetap menjadi pilihan yang menarik bagi para produsen kendaraan listrik dunia.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Proyek PT PP di Luar Negeri Gunakan Dana Perbankan Internasional

“Kita masih membuka (untuk LG), tetapi saya rasa bukan karena salah satu investor, lalu Indonesia tidak menjadi pusat EV (Electric Vehicle), tidak,” ucap Erick.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Presiden Joko Widodo, lanjut Erick, pun dengan tegas menginginkan hilirisasi harus tetap terjadi di Indonesia. Menurut Erick, ketegasan presiden disambut positif Amerika Serikat bahkan Eropa untuk membangun hubungan kerja sama.

“Termasuk bilateral dengan Vietnam, salah satu isunya EV battery juga, bagaimana Vietnam ingin bekerja sama dengan Indonesia untuk juga bisa punya akses dapat baterai listriknya dari Indonesia. Itu yang kita dorong kerja sama dengan berbagai pihak sebagai keseimbangan pasar yang terbuka,” jelas Erick.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi