Jumat, 26/04/2024 - 06:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bawaslu Akui Safari Politik Capres di Pesantren Sulit Diawasi, Ada Apa?

ADVERTISEMENTS

Ilustrasi Pondok Pesantren. Bawaslu mengakui kesulitan untuk mengawasi safari politik di pondok pesantren.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menyatakan, pihaknya tidak melarang para bakal calon presiden (bacapres) melakukan silaturahmi atau safari politik asalkan tidak ada ajakan memilih. Jangan juga bersafari politik ke tempat pendidikan. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Masalahnya, kata Bagja, para bacapres kerap bersilaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren. Padahal, pimpinan pondok pesantren biasanya tinggal di dalam kawasan pondok pesantren yang merupakan tempat pendidikan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Jajaran Bawaslu akhirnya kesulitan untuk memastikan apakah bacapres mengunjungi pimpinan pondok pesantren atau tempat pendidikannya. “Ini yang menjadi repotnya kami. Tidak terpisahnya antara tempatnya Pak Kiai dengan tempat pendidikannya. Ini yang kadang-kadang jadi kesulitan,” kata Bagja kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/5/2023). 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Hamas sebagai Proxy Syiah Mengorbankan Rakyat Palestina

Selain itu, lanjut Bagja, petugas Bawaslu terkadang tidak bisa masuk ke area pesantren untuk melakukan pengawasan. Pasalnya, lingkungan pesantren memang sangat terbatas. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kendati begitu, kata Bagja, pihaknya tetap berupaya melakukan pencegahan. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) telah diarahkan untuk melakukan pendekatan persuasif kepada para kiai pimpinan pondok pesantren. 

“Teman-teman Panwascam melakukan pendekatan persuasif kepada para kiai agar (kunjungan bacapres) tetap dalam kondisi silaturahmi, bukan kampanye. Misalkan kampanye di luar masa kampanye, nanti bisa jadi masalah besar,” ujar Bagja. Masa kampanye Pemilu 2024 baru akan dimulai pada akhir November 2023. 

Berita Lainnya:
PKS Dijadwalkan Kunjungi PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Dalam beberapa waktu terakhir, tiga bacapres dengan elektabilitas tertinggi kerap melakukan safari politik ke sejumlah pesantren di Pulau Jawa. Prabowo Subianto misalnya, mengunjungi empat pondok pesantren di Mojokerto dan Jombang pada Ahad (21/5/2023).

Ganjar Pranowo juga melakukan kunjungan ke sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada awal Mei 2023. Sementara itu, Anies Baswedan mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Pulau Jawa dalam beberapa bulan terakhir.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi