Rabu, 24/04/2024 - 16:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Dubes AS: UMKM Punya Peran Penting di ASEAN

ADVERTISEMENTS

Pelaku UMKM menata produknya yang di pamerkan dalam puncak acara kompetisi CARIpreneur di Gedug SMESCO, Jakarta, Kamis (15/12/2022) (ilustrasi). Duta Besar AS untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Yohannes Abraham mengatakan bahwa usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) memiliki peran penting terhadap pembangunan ekonomi di kawasan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Duta Besar AS untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Yohannes Abraham mengatakan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) memiliki peran penting terhadap pembangunan ekonomi di kawasan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Badan Pusat Statistik (BPS) mengategorikan UMKM berdasarkan jumlah pegawai. Usaha mikro adalah entitas usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja satu hingga empat orang; usaha kecil 5-19 pegawai; dan usaha menengah 20-99 karyawan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut Abraham, sangat penting untuk mendukung UMKM di ASEAN karena sekitar 99 persen bisnis di negara anggota ASEAN adalah usaha mikro, kecil, menengah. Selain itu, sekitar 85 persen dari tenaga kerja gabungan di ASEAN juga bekerja untuk UMKM.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Di Tengah Perang Harga dan Anjloknya Penjualan, Tesla PHK 10 Persen Karyawan 

“Kami kira kami sudah menjalin kemitraan ekonomi yang luar biasa, dan kami ingin mencoba untuk meningkatkan kerja sama ini,” ujar Abraham dilansir Antara di Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dia menambahkan, AS berkomitmen untuk bekerja sama dengan ASEAN dalam meningkatkan perekonomian kawasan. Salah satunya melalui kerja sama Dewan Bisnis ASEAN-AS atau US-ASEAN Business Council.

US-ASEAN Business Council adalah sekelompok perusahaan AS yang berinvestasi di ASEAN untuk berbagi praktik dan pelatihan dengan para pelaku bisnis di kawasan. AS merupakan salah satu mitra utama perdagangan di kawasan dan sumber investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) terbesar di ASEAN, mencapai 40 miliar dolar AS pada 2021.

Berita Lainnya:
Akumindo Dorong Pengembangan UMKM Lewat Literasi Digital

Investasi langsung merupakan kegiatan penanaman modal oleh investor asing atau luar negeri untuk melakukan usaha di negara lain. Tercatat lebih dari 6.200 perusahaan AS yang kini beroperasi di dalam ASEAN. Sementara di Indonesia, 22 persen dari keseluruhan investasi asing langsung per 2021 berasal dari Negeri Paman Sam.

“Ini beberapa contoh komitmen kami untuk membangun kemitraan ekonomi yang sudah erat ini agar menjadi lebih kuat,” ujar Abraham.

Berdasarkan data ASEAN, terdapat sekitar 70 juta UMKM di ASEAN. UMKM berkontribusi 85 persen terhadap penyerapan tenaga kerja, 44,8 persen terhadap PDB, dan 18 persen terhadap ekspor nasional.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi