Jumat, 19/04/2024 - 10:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Menko Airlangga Bertemu Menteri Yamada Kenji, Jepang Komitmen Dukung PLTA Kayan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA–Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yamada Kenji di sela Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, Amerika Serikat, Jumat (26/5/2023) waktu setempat. Dalam pertemuan ini, Menlu Jepang Yamada Kenji menegaskan komitmennya mendukung proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kalimantan Utara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menteri Yamada berharap PLTA Sungai Kayan, Kalimantan Utara, yang sedang dikembangkan pemerintah Indonesia, dapat membantu pencapaian dari insiatif Komunitas Emisi Nol Bersih Asia (Asian Zero Emission Community/AZEC). “Kami berharap proyek tersebut dapat mendukung Asian Zero Emission Community (AZEC),” kata Menteri Yamada sebagaimana keterangan diterima di Jakarta, Sabtu (27/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menteri Yamada dalam pertemuan Jumat waktu setempat atau Sabtu waktu Indonesia, menyampaikan proyek pengembangan PLTA Kayan di Kalimantan Utara dilakukan melalui kerja sama oleh PT Kayan Hydro Plant dan Sumitomo Corporation.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Menko Airlangga mengapresiasi kerja sama yang telah terwujud dan berharap implementasi PLTA Kayan dapat dilakukan dengan segera. Sebelumnya pada Oktober 2022, Menko Airlangga Hartarto juga hadir dan menyaksikan penandatanganan Peluncuran Kerja sama antara PT Kayan Hydro Energy dan Sumitomo Corporation pada Proyek Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade.

Berita Lainnya:
China akan Sumbang Lebih dari Seperempat Penjualan Mobil Listrik di Eropa pada 2024

Proyek ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan menjadi proyek nyata Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat. Lebih lanjut, Menko Airlangga juga berharap Jepang dapat berpartisipasi dalam program kendaraan listrik Indonesia yang merupakan bagian dari kebijakan transisi energi nasional di Tanah Air.

“Diharapkan perusahaan-perusahaan Jepang dapat berpartisipasi dalam program transisi energi Indonesia,” kata Airlangga.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain pada AZEC, Keterlibatan Jepang dalam upaya transisi energi Indonesia selama ini dapat terlihat pada program Just Energy Transition Partnership (JETP). Diharapkan kemitraan Indonesia-Jepang saat ini dan yang dapat terwujud di masa mendatang dapat mendukung percepatan target Net Zero Emission (NZE) Indonesia pada 2060 sekaligus memacu pemulihan ekonomi kedua negara.

Berita Lainnya:
Airlangga: Presiden akan Gelar Rapat Sikapi Serangan Iran ke Israel

Selain itu, Airlangga juga berharap dukungan Jepang kepada Indonesia pada penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia sepanjang tahun 2023. Dalam pertemuan itu, kedua menteri juga mendiskusikan IPEF dan perannya di masa depan dalam mendukung perdagangan yang lebih terbuka dan komprehensif.

Pada proses perundingan IPEF, negara-negara anggota IPEF saat ini tengah menyelesaikan salah satu pilar dalam IPEF yakni Pillar II Supply Chains. Pillar tersebut tersebut diharapkan dapat membantu diversifikasi ketersediaan bahan baku dalam critical sectors serta memerkuat koordinasi dalam rantai pasok.

Tahun 2023 menjadi tahun bersejarah bagi Indonesia dan Jepang yang ditandai dengan peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang serta peringatan 50 tahun hubungan ASEAN-Jepang. Tak hanya itu, tahun ini juga menjadi tahun penting bagi kedua negara dimana Indonesia menjadi Ketua ASEAN sementara Jepang menjadi tuan rumah KTT G7.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi