Jumat, 19/04/2024 - 09:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Transportasi Gratis Angkut Korban Gempa Turki ke TPS

ADVERTISEMENTS

ANATOLIA — Warga Turki mulai mendatangi tempat pemungutan suara (TPS), Ahad (28/5/2023). Beragam alasan yang disampaikan pemilih saat memberikan dukungan pada salah satu capres, Recep Tayyip Erdogan atau Kemal Kilicdaroglu. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Warga korban gempa yang masih berada di pengungsian, kembali ke daerah tempat tinggal masing-masing untuk mendatangi TPS di sana. Aziz Duru berangkat dari Kirikkale, Anatolia tengah, menggunakan bus pada Ahad dini hari ke provinsi tempat tinggalnya, Malatya. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia mesti menempuh jarak sejauh 450 km untuk memberikan suaranya pada putaran kedua pilpres Turki ini. ‘’Saya ke TPS karena ini tugas nasional. Saya pergi hari ini dan kembali setelah mencoblos,’’ katanya seperti dilansir Aljazirah

ADVERTISEMENTS

Wakil Gubernur Kirikkale, Ahmet Sait Kurnaz mengatakan, badan bencana AFAD menyediakan transportasi gratis untuk mengantarkan 300 korban gempa ke tempat tinggal aslinya guna memberikan suara sana. 

Berita Lainnya:
Makanan Indonesia Meriahkan Festival Jajanan di Melbourne

Ratusan ribu orang mengungsi ke wilayah selatan Turki setelah gempa mengguncang pada Februari lalu. Gempa ini merenggut lebih dari 50 ribu jiwa. Rekonstruksi kini berjalan dan banyak dari korban gempa masih tinggal di wilayah lain yang dianggap aman. 

Mereka tinggal di aula olahraga, asrama, atau saudara hingga menunggu jadwal kembali ke rumah masing-masing. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di Diyarbakir, kota di wilayah tenggara Turki yang banyak dihuni warga Kurdi, pensiunan Faruk Gecgel (54) memilih Erdogan seperti yang dilakukan dua pekan lalu, 14 Mei. Ia menginginkan keberlanjutan kepemimpinan Erdogan. 

‘’Ini penting bagi masa depan Turki, presiden dan parlemen memperoleh dukungan mayoritas. Mereka bekerja bersama di bawah satu atap. Dengan pertimbangan ini, saya memilih Erdogan lagi demi stabilitas,’’ kata Gecgel. 

Berita Lainnya:
WHO: Tinggal 10 Rumah Sakit di Gaza yang Beroperasi

Pada putaran pertama dua pekan lalu, partai pendukung Erdogan, AKP meraih suarat mayoritas di parlemen. Namun, pilihan berbeda diputuskan Canan Tince (34), ibu rumah tangga. Ia lebih suka memberikan suaranya untuk Kilicdaroglu. 

Kilicdaroglu mendapatkan 72 persen suara pada pilpres putaran pertama. ‘’Cukup. Perubahan penting untuk mengatasi krisis ekonomi dan masalah yang dihadapi Turki. Maka, saya kembali memilih Kilicdaroglu. Kami berharap pada dia.’’

Laman berita Aljazirah melaporkan, Erdogan menuntaskan kampanye putaran kedua pilpres dengan mengunjungi Masjid Eyup Sultan yang terkenal di Istanbul. Masjid ini berlokasi di situs pemakaman sahabat Nabi Muhammad, Abu Ayyub al-Ansari.

Saat menutup kampanye putaran pertama pilpres, ia juga mengunjungi masjid, yakni Hagia Sophia. Ia menunaikan shalat Isya kemudian membaca Alquran. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi