Sabtu, 20/04/2024 - 20:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ini Pidato Kemenangan Erdogan

ADVERTISEMENTS

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilu putaran kedua. Ia memperoleh suara 52,16 persen

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan, pemenang dalam pemilihan umum adalah seluruh warga Turki. Dia kembali memimpin negara itu setelah lebih dari 20 tahun berkuasa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Semua 85 juta warga kami adalah pemenang pemilihan 14 Mei dan 28 Mei,” kata Erdogan dalam pidato kemenangannya dari Istanbul pada Ahad (8/5/2023).

ADVERTISEMENTS

Menurut laporan yang diakses di Dewan Pemilihan Tertinggi (YSK) Turki pada Senin (29/5/2023) pagi, sebanyak 99.85 persen suara telah dihitung. Erdogan saat ini memimpin pemilihan presiden dengan 52,16 persen suara. Sementara kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu memiliki 47,84 persen.

Berita Lainnya:
Apa Makna Kebangkitan Oposisi di Turki? 

 

“Kami mengatakan ‘Kami akan menang dengan cara yang tidak akan ada yang kalah.’ Jadi satu-satunya pemenang hari ini adalah warga Türki. Tanpa mengorbankan demokrasi, pembangunan, atau tujuan kita, kita sekarang telah membuka gerbang Abad Turki, tetapi kita membukanya bersama,” kata presiden pejawat itu dikutip dari Anadolu Agency.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dalam kesempatan itu, Erdogan meminta warga bersama-sama mewujudkan mimpi dan semangat semua sektor negara itu. “Dari laki-laki dan perempuan, dari tua dan muda, serta dari karyawan dan pensiunan,” ujarnya.

Pada putaran pertama pemilihan 14 Mei, tidak ada kandidat yang memenangkan 50 persen suara yang disyaratkan, meskipun Erdogan memimpin dengan 49,52 persen. “Kami telah menyelesaikan pemilihan presiden putaran kedua dengan dukungan bangsa kami,” kata Erdogan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada rakyat Turki.

Berita Lainnya:
AS Bantah Izinkan Israel Menginvasi Rafah Supaya Iran tak Dibalas Besar-besaran

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap anggota bangsa kita yang sekali lagi menyampaikan kepada kita tanggung jawab untuk mengatur negara selama lima tahun ke depan,” ujar Erdogan.

“Tidak ada yang bisa memandang rendah bangsa kita, menghina rakyat kita. Itu tidak bisa menyeret anak muda kita ke dalam kegelapan mereka sendiri yang luar biasa. Tidak ada yang bisa menuding Turki,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi