Sabtu, 20/04/2024 - 13:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pesawat Penumpang ‘Made in Cina’ Pertama Selesaikan Penerbangan Komersial Perdana

ADVERTISEMENTS

Pesawat C919, yang dibuat oleh Commercial Aviation Corporation of Cina (COMAC), mengangkut sekitar 130 penumpang dalam penerbangan perdananya

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BEIJING — Pesawat jet mengangkut penumpang pertama buatan dalam negeri Cina melakukan penerbangan komersial perdananya pada Ahad (29/5/2023). Pesawat penumpang ‘made in Cina’ pertama ini, berusaha bersaing dengan raksasa industri seperti Boeing dan Airbus di pasar pesawat terbang global.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pesawat C919, yang dibuat oleh Commercial Aviation Corporation of Cina (COMAC), mengangkut sekitar 130 penumpang dalam penerbangan tersebut, menurut surat kabar milik pemerintah China Daily. Pesawat jet tersebut lepas landas pada Ahad pagi dari Bandara Hongqiao Shanghai dan mendarat kurang dari dua jam kemudian di Beijing.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Misteri Banyaknya Pasukan Israel yang Angkat Kaki dari Gaza Selatan

Penerbangan ini dioperasikan oleh maskapai penerbangan milik pemerintah China Eastern Airlines dan pada bagian samping pesawat tertera tulisan: “Pesawat C919 Pertama di Dunia.”

Penerbangan perdana ini dilakukan saat COMAC berupaya masuk ke pasar pesawat jet berlorong tunggal sebagai tantangan langsung terhadap Airbus dan Boeing. Jet A320 Airbus dan B737 Boeing adalah pesawat paling populer yang biasanya digunakan untuk penerbangan domestik dan regional.

Meskipun COMAC merancang banyak bagian C919, beberapa komponen utamanya masih bersumber dari Barat, termasuk mesinnya. Perusahaan ini berencana untuk membangun 150 pesawat C919 setiap tahun selama lima tahun ke depan, menurut laporan media pemerintah sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Anggota Parlemen China ke Korut Perkuat Hubungan Bilateral

Pesawat C919 ini telah dikembangkan selama 16 tahun, memiliki jarak tempuh maksimum sekitar 3.500 mil (5.630 kilometer) dan dirancang untuk mengangkut antara 158 dan 168 penumpang. Lebih dari 1.200 pesawat jet C919 telah dipesan, kata COMAC, dan China Eastern Airlines telah menandatangani kontrak untuk membeli lima unit untuk memenuhi kebutuhan penerbangannya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi