Sabtu, 20/04/2024 - 11:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Bersama Petani Kolaka, Antam Optimalkan Produktivitas Kopi dan Kakao

ADVERTISEMENTS

Di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Antam bersinergi bersama para petani kopi dan kakao membuat kebun edukasi dan pelatihan. (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 KOLAKA — Meningkatkan pemberdayaan masyarakat menjadi komitmen PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaannya. Di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Antam bersinergi bersama para petani kopi dan kakao membuat kebun edukasi dan pelatihan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menyebut, program ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk dapat bertumbuh bersama masyarakat di sekitar wilayah operasi. Ia juga menyebut Program Kebun Edukasi Kopi dan Kakao untuk Keberlanjutan Petani Sopura (Sipatuo) yang dilakukan sejak tahun 2021 ini merupakan upaya mempertahankan komoditas kopi dan kakao sebagai produk unggulan Kolaka. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Waskita Beton Berhasil Cetak Laba pada 2023

“Sejalan dengan Sinergi Berdaya, program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kemandirian petani di Desa Sopura mengingat kopi dan kakao adalah produk unggulan dari Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara,” katanya dalam siaran pers, Rabu (31/5/2023). 

Melalui program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, Antam berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani terkait penanaman, peningkatan produktivitas tanaman kopi dan kakao, serta pemasaran. “Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan para petani yang menjadi anggota kelompok yang tergabung dalam Sipatuo ini,” tambah Syarif. 

Berita Lainnya:
Pertamina Tambah Pasokan Gas LPG 3 Kilogram Jelang Lebaran

Antam juga bersinergi dengan pemerintah daerah di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten Kolaka untuk bisa memaksimalkan sinergi peningkatan produktivitas kopi dan kakao di Kolaka. “Kami juga bekerja sama dengan kelompok pendamping program,” katanya lagi. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hingga saat ini, sebanyak 1.267 pohon kopi dan 617 pohon kakao yang ditaman para kelompok tani yang tergabung di program Sipatuo. Melalui program ini telah dibentuk kelompok wanita tani yang beranggotakan 12 orang, yang juga ikut berkontribusi untuk mengembangkan kopi dan kakao di Kolaka. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi