Rabu, 24/04/2024 - 18:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Roket Korut Gagal Meluncur dan Jatuh Ke Laut

ADVERTISEMENTS

Peluncuran satelit Korea Utara pada Rabu (31/5/2023) berakhir dengan kegagalan, dengan pendorong dan muatan jatuh ke laut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

SEOUL — Peluncuran satelit Korea Utara pada Rabu (31/5/2023) berakhir dengan kegagalan, dengan pendorong dan muatan jatuh ke laut. Militer Korea Selatan mengatakan, mereka telah menemukan serpihan dari kendaraan peluncuran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Roket peluncuran satelit Chollima-1 yang baru, gagal meluncur karena ketidakstabilan pada mesin dan sistem bahan bakar,” ujar laporan kantor berita negara Korea Utara, KCNA.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

KCNA melaporkan, roket itu jatuh ke laut setelah kehilangan daya dorong karena start mesin tahap kedua yang tidak normal. Administrasi Pengembangan Dirgantara Nasional (NADA) Pyongyang akan menyelidiki cacat serius dan mengambil tindakan untuk mengatasinya, sebelum melakukan peluncuran kedua dalam waktu dekat.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Syahidnya Tahanan Palestina Tertua di Penjara Israel

Dalam data yang diberikan kepada otoritas internasional, Korea Utara mengatakan peluncuran itu akan membawa roket ke selatan. Puing-puing roket diperkirakan jatuh di atas Laut Kuning dan Samudera Pasifik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Penerbangan itu adalah upaya peluncuran satelit keenam Korea Utara. Peluncuran ini juga menjadi yang pertama sejak 2016. Roket itu seharusnya menempatkan satelit mata-mata pertama Korea Utara di orbit.

Kegagalan peluncuran roket Korea Utara mendorong peringatan darurat dan peringatan evakuasi singkat di beberapa wilayah Korea Selatan dan Jepang. Peringatan darurat kemudian ditarik tanpa bahaya atau kerusakan yang dilaporkan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada Rabu mengatakan, militer sedang melakukan operasi penyelamatan untuk memulihkan bagian dari kendaraan peluncuran luar angkasa.  Militer membagikan foto puing-puing yang diambil dari air.

Berita Lainnya:
Presiden Xi Jinping Berdialog dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Pejabat Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan melakukan panggilan telepon dan mengutuk keras peluncuran tersebut. Ketiga negara akan tetap waspada dengan rasa urgensi yang tinggi.

Sebelumnya Korea Utara mengatakan akan meluncurkan satelit pengintaian militer pertamanya antara 31 Mei dan 11 Juni untuk meningkatkan pemantauan aktivitas militer AS. Pekan lalu, Korea Selatan menempatkan satelit di orbit dengan roket yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri untuk pertama kalinya. Sementara Cina mengirim tiga astronot ke stasiun luar angkasanya sebagai bagian dari rotasi awak pada Selasa (30/5/2023).

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi