Selasa, 16/04/2024 - 23:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Husnul Khatimah atau Suul Khatimah? Lihat Petunjuk yang Diberikan Malaikat Ini

ADVERTISEMENTS

JAKARTA- Ada SWT orang-orang yang dikehendaki Allah menjadi baik di pengujung hidupnya sehingga dia meninggal dalam keadaan husnul khatimah. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Namun ada juga orang-orang yang dikehendaki Allah SWT menjadi buruk pengujung hidupnya sehingga dia meninggal dalam keadaan suul khatimah. Semuanya kembali kepada manusianya masing-masing.

ADVERTISEMENTS

Seseorang yang dikehendaki Allah SWT menjadi baik pengujung hidupnya sehingga dia meninggal dalam keadaan husnul khatimah, adalah karena mampu mengalahkan nafsu dalam dirinya sehingga dapat menahan diri dari maksiat, dia mampu dan mengontrol hati dan badannya untuk menempuh hidayah dan taufik Allah SWT sehingga dia itupun menjadi saleh amalnya di pengujung hidupnya.  

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Setahun sebelum kematiannya, Allah SWT mengirimkan malaikat untuk senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan kepada orang tersebut agar semakin dekat dengan Allah SWT. Malaikat membimbingnya kepada mengerjakan amal-amal yang disenangi Allah SWT, menunjukinya tempat-tempat yang di ridhai Allah SWT.  

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

Dan saat ajal menjemputnya, dia meninggal dalam keadaan husnul khatimah sehingga orang-orang pun membicarakan tentang bagusnya akhir hidupnya. 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Orang yang meninggal husnul khatimah itu pun bangga dan gembira ketika mendapati amalnya yang banyak, dia merasa senang dan rindu untuk bertemu dengan Allah SWT, sebab Allah  SWT pun sangat senang dan rindu bertemu dengannya.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Sebaliknya seseorang yang dikehendaki Allah SWT menjadi buruk pengujung hidupnya sehingga dia meninggal dalam keadaan suul khotimah itu disebabkan perilaku manusia itu sendiri. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Mengapa Yahudi Dilaknat Oleh Allah SWT? Ini Penjelasan Alquran

Orang tersebut tak mau mengerjakan apa-apa yang diperintahkan Allah SWT dan apa yang dilarang-Nya. Padahal Allah SWT telah mengirimkan penolong-penolong baginya yang memberi peringatan-peringatan, seperti orang-orang saleh di sekelilingnya, memberikan rasa sakit agar bertobat, hingga memberikan peringatan melalui kematian orang-orang terdekat. Tetapi itu tak membuatnya sadar juga.  

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Dia justru larut dalam kemaksiatan. Karena gelap hatinya dan jauh dari Allah SWT,  Setan pun semakin dekat menjelang kematiannya. 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Setahun sebelum mati, Setan semakin getol menyesatkannya agar dia mati suul khatimah. Maka dia pun mati dalam keadaan berkubang dosa. Lalu orang-orang mencibir kematiannya yang suul khotimah. Dan dia pun merasakan kehinaan karena banyaknya dosa yang ditanggung, dan besarnya azab yang akan diterimanya. Karena itu ketika ajal datang padanya dan diperlihatkan oleh Allah SWT azab yang akan menimpanya, orang-orang seperti ini menolak kematian, menolak berjumpa dengan Allah SWT. Dan sejatinya Allah SWT lebih tidak suka berjumpa dengan orang-orang ini.  

Baca juga: Mualaf Lourdes Loyola, Sersan Amerika yang Seluruh Keluarga Intinya Ikut Masuk Islam

Keterangan ini sebagaimana berlandaskan sebuah riwayat dari Aisyah radhiyallahu anha yang juga dinukilkan Imam Qurthubi dalam kitab at-Tadzkirah

إذا أراد الله بعبد خيرا قيض له قبل موته بعام ملكا فسدده ووفقه حتى يقول الناس: مات فلان خير ما كان، فإذا حضر ورأى ثوابه تهوع نفسه، (أو قال تهوعت نفسه) فذلك حين أحب لقاء الله، وأحب الله لقاءه، وإذا أراد الله بعبد شرا قيض له قبل موته بعام شيطانا فأضله وفتنة، حتى يقول الناس: مات فلان شر ما كان، فإذا حضر ورأى ما ينزل به من العذاب تثلغ نفسه فذلك حين يكره لقاء الله وكره الله لقاءه.

Berita Lainnya:
Kisah Ummu Sulaim yang Menolak Dinikahi Pria yang Masih Musyrik

“Apabila Allah menghendaki pada seorang hamba kebaikan, Allah mengutus malaikat baginya setahun sebelum dia mati untuk memberikan petunjuk dan pemahaman padanya (menjadi orang saleh), sehingga orang-orang berkata: ” si Fulan Mati dalam keadaan baik’. Maka ketika dia menyaksikan dan melihat pahalanya, dirinya akan terkejut merasa senang. (Atau dia berkata: diriku terkejut). Maka ketika itulah dia senang bertemu dengan Allah, dan Allah senang bertemu dengannya.  

Dan ketika Allah menghendaki pada seorang hamba keburukan, maka setan akan menyesatkannya setahun sebelum kematiannya dan menimpakan fitnah padanya sehingga orang-orang akan berkata, “si Fulan mati dalam keadaan buruk’.” Maka ketika dia menyaksikan dan melihat apa-apa yang akan menimpanya dari azab-azab, terdiam lah dirinya. Maka ketika itu dia tak mau bertemu dengan Allah dan Allah pun lebih tak mau berjumpa dengan orang itu.”     

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi