Jumat, 19/04/2024 - 20:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Mengapa Mencari Ridha Allah SWT Jadi Kunci Utama Berbuat Ikhlas? Ini Kata Ulama Turki

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Perintah agar beribadah kepada Allah SWT dengan penuh keikhlasan tertuang dalam Alquran surat Al Bayyinah ayat 5. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

ADVERTISEMENTS

Orang yang sudah ikhlas tidak akan pamrih terhadap amal yang dikerjakannya. Orang tersebut tidak memikirkan apapun kecuali keridhaan Allah SWT atas amal yang dikerjakannya sehingga ada orang yang bersedekah dan amalnya itu terlihat oleh orang lain namun dirinya sama sekali tak memperdulikan pandangan makhluk akan amalnya itu. Dia tidak memikirkan pujian orang lain atas amalnya itu sebab apa yang dikerjakannya semata-mata karena Allah SWT. 

Berita Lainnya:
Alquran Abadikan Kisah Nabi Ibrahim Ketika Meraba-raba Mencari Tuhan 

 

Ulama dan cendikiawan terkenal asal Turki, Badiuzzaman Said Nursi (1878-1960 M) mengingatkan kepada umat Islam bahwa sesuatu urusan kebaikan yang penting dan besar selalu dihadang banyak penghalang yang berbahaya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut dia, setan berjuang dengan sungguh-sungguh untuk menghadang para pengabdi dalam pengabdian itu. Karenanya, kata Nursi, perlu bersandar pada keikhlasan terhadap rintangan dan setan tadi.

“Maka dari itu, hindarilah berbagai hal yang bisa menghilangkan keikhlasan sebagaimana engkau menghindari kalajengking dan ular,” kata Nursi dikutip dari buku Al-Lama’at terbitan Risalah Nur Press halaman 307.

Nursi menjelaskan, Nafsu ammarah sama sekali tidak bisa dipercaya sesuai dengan ucapan Nabi Yusuf as dalam Alquran: 

 وَمَاۤ أُبَرِّئُ نَفۡسِیۤۚ إِنَّ ٱلنَّفۡسَ لَأَمَّارَةُۢ بِٱلسُّوۤءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّیۤۚ  “Aku tidak menyatakan diriku bebas dari kesalahan. Sebab, sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada keburukan, kecuali (nafsu) yang dikasihi oleh Tuhanku.” (QS Yusuf [12] ayat 53). 

Berita Lainnya:
Bukti Nabi Muhammad Penyabar dan tidak Mudah Marah

Baca juga: Mualaf Lourdes Loyola, Sersan Amerika yang Seluruh Keluarga Intinya Ikut Masuk Islam

“Jangan sekali-kali engkau tertipu egoisme, kesombongan, dan nafsu yang selalu mendorong kepada keburukan,” jelas Nursi.

Lalu, untuk bisa mencapai dan memelihara keikhlasan, serta untuk menghilangkan segala penghalangnya, maka harus menjadikan beberapa prinsip sebagai semboyan. Di antara prinsipnya adalah hanya mengharap ridha Allah SWT dalam beramal.

Apabila Allah SWT sudah ridha, menurut Nursi, biar pun seluruh alam berpaling tidak menjadi masalah. Kalau Allah SWT sudah menerima, biar pun semua manusia menolak tidak akan berpengaruh.

“Setelah Dia ridha dan menerima amal kita, jika Dia berkehendak dan sesuai dengan hikmah-Nya, Dia menjadikan manusia menerimanya meskipun tanpa kalian minta. Karena itu, ridha Allah sajalah yang seharusnya menjadi tujuan utama dalam pengabdian ini,” kata Nursi. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi