Selasa, 16/04/2024 - 12:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Setelah Video Arisan Rp 2,5 M Viral, DJP Sulselbartra Diserbu Pengusaha

ADVERTISEMENTS

Kantor Pajak (ilustrasi). Usai viral video arisan Rp 2,6 miliar, kantor pajak di Sulselbartra diserbu pengusaha.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

MAKASSAR — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara (Sulselbartra) mengakui banyak pengusaha kosmetik dan jenis usaha lainnya langsung mengajukan pembuatan nomor pokok wajib pajak (NPWP) setelah viral video arisan miliaran rupiah di Makassar.

ADVERTISEMENTS

Plt Kabid Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP Sulselbartra Alimuddin Lisaw mengatakan, salah satu dampak positif dari video arisan yang viral itu adalah banyak pengusaha baru mengajukan diri membuat NPWP. Namun, ia tak menyebut jumlah pemohon NPWP tersebut.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Efek video ibu-ibu pengusaha yang ikut arisan dengan nilai miliaran rupiah itu adalah adanya keinginan dari para pengusaha membuat NPWP untuk kepentingan perpajakan,” ujar Alimuddin.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KPU RI Targetkan Rekapitulasi Nasional untuk 5 Provinsi Selesai Besok, Termasuk Jabar

Alimuddin menerangkan, pemberitaan mengenai kepatuhan pembayaran pajak para sosialita dan pengusaha yang ikut arisan itu turut berdampak pada pengurusan NPWP para pelaku usaha baru di berbagai daerah di wilayah kerja DJP Sulselbartra. Ia pun mengaku telah mendapat laporan dari berbagai kantor pajak baik di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait pengajuan pembuatan NPWP baru tersebut.

“Itu di berbagai daerah wilayah kerja kami. Jadi, laporan dari wilayah Sulsel, Sulbar, dan Sultra. Tiap hari itu ada puluhan orang yang ajukan pembuatan NPWP,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Alimuddin mengatakan, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak juga cukup tinggi, termasuk pengajuan untuk pembuatan NPWP, apalagi bagi wajib pajak. Pihaknya pun akan dengan senang hati membantu warga yang ingin mengajukan pembuatan NPWP maupun bertanya langsung tentang kewajiban-kewajiban para wajib pajak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Pemkab Garut Prioritaskan Perbaikan Jalan di Jalur Mudik dan Wisata

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan Data dan Potensi Perpajakan Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sulselbartra Soebagio mengatakan, pihaknya sudah mengetahui video viral flexing atau pamer kekayaan para sosialita di Makassar yang melakukan arisan dengan nominal lebih dari Rp 2,5 miliar.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

“Kami sudah mengetahui arisan yang viral itu dan akan segera melakukan pengecekan terhadap pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) para pengusaha itu,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi