Kamis, 25/04/2024 - 13:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Adab Buang Hajat yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Agama Islam mengajarkan berbagai hal dalam kehidupan umat manusia, bahkan perkara terkecil sekalipun seperti buang hajat, Islam mengajarkannya melalui baginda Nabi Muhammad saw. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rasulullah pun mengajarkan agar umatnya tidak lupa selalu berdoa sebelum dan setelah buang hajat. Hal ini dikarenakan toilet dan kamar mandi merupakan tempat favorit para jin dan syaitan, sehingga kita dianjurkan untuk berdoa agar terhindar dari gangguannya. Karena pada saat kita masuk kamar mandi dan toilet, malaikat hanya akan menunggu kita di depan pintu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dikutip dari buku Nabi Muhammad sehari-hari karya Muhammad Ismail Al-Jawisy berikut ini doa yang biasa diucapkan Rasulullah saw:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

ADVERTISEMENTS

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan jin laki-laki dan perempuan, serta dari kotoran dan perbuatan kotor setan yang terkutuk.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dan jika keluar beliau membaca, غُفْرَانَكَ

Berita Lainnya:
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Keutamaan dan Keberkahan Sedekah

 “Aku hanya mengharap ampunan-Mu.”

Jika dalam perjalanan bersama para sahabat, kemudian beliau hendak buang hajat, maka ia akan memisahkan diri (dari kelompok sahabat) dan mencari tempat sehingga tidak terlihat, bahkan menjauh sampai sekitar dua mil. Kemudian menutupinya dengan jerami atau daun pelepah kurma.

Adapun jika hendak membuang air kecil, Rasulullah sebisa mungkin selalu mencari bagian tanah yang lunak dan lembut, jika keadaan tanah itu keras, diambilnya tongkat lalu tanah itu dipukul sampai berlubang kemudian melakukan hajatnya. Beliau buang air kecil sambil duduk dan tidak berdiri terkecuali karena darurat.

Sedang tata cara beliau dalam membersikan dirinya selepas buang hajat, menggunakan air atau juga terkadang batu, bahkan terkadang pula air dan batu bersamaan dengan menggunakan tangan kiri.

Dari tempat buang hajat, Rasulullah keluar dengan kaki kanan setelah sebelumnya masuk melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu, sambil membaca doa di atas.

Berita Lainnya:
Kehebatan Panah Umat Islam dalam Peperangan Bersejarah dan Rahasia Sunnah Rasulullah SAW

Rasulullah SAW jikalau hendak masuk ke tempat buang hajat, cincinnya diletakkan terlebih dahulu. Posisi buang hajat beliau tidak pernah menghadap kiblat dan tidak pernah pula membelakanginya, beliau ajarkan ummatnya hal yang sama.

Beliau bersabda, “Janganlah buang hajat atau buang air kecil dengan menghadap arah kiblat dan jangan pula membelakanginya.”

Rasulullah tidak pernah buang hajat ataupun air kecil di tempat yang biasa dijadikan orang berteduh seperti pohon, atau di jalanan umum yang biasa dilalui banyak orang. Beliau berkata, “Jagalah oleh kalian tiga hal yang bisa menyebabkan kalian dilaknat, yaitu, buang air besar di tempat penampungan air, di jalan-jalan dan di tempat berteduh.”

Hal terakhir yang beliau ajarkan dalam tata-cara buang hajat adalah, hendaknya tidak bercakap-cakap. Beliau berkata, “Jika ada dua orang di antara kalian yang sedang buang hajat, maka janganlah bercakap-cakap, karena sesungguhnya Allah murka akan perbuatan itu.”

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi