Jumat, 26/04/2024 - 06:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Presiden Serbia dan Kosovo Saling Serang di Pertemuan Eropa

ADVERTISEMENTS

Presiden Serbia dan Kosovo sama-sama menegaskan ingin meredakan krisis kekerasan di utara Kosova tapi keduanya tetap saling serang

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BULBOACA — Presiden Serbia dan Kosovo sama-sama menegaskan ingin meredakan krisis kekerasan di utara Kosova. Tapi keduanya tidak memberi tanda-tanda untuk menahan diri dari posisi masing-masing.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam pertemuan di Moldova bersama lebih dari 40 pemimpin Eropa, Presiden Serbia Aleksandar Vucic dan Presiden Kosovo Vjosa Osmani tidak saling mengakui meski mereka hanya berjarak beberapa meter di karpet merah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kedua belah pihak ditekan masyarakat internasional untuk mengakhiri krisis lama antara etnis Albania di Kosovo dan etnis Serbia yang mayoritas di utara Kosovo. Kekerasan pecah pada Senin (29/5/2023) lalu setelah pemerintah Kosovo didukung unit polisi khusus menempatkan wali kota etnis Albania di kota madya di utara.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Entengnya Israel Sebut Serangan ke Petugas WCK tak Disengaja

Wali kota itu terpilih dengan angka partisipasi pemilih hanya 3,5 persen setelah etnis Serbia memboikot pemilihan daerah tersebut. Osmani mengatakan Belgrade mencoba merusak stabilitas Kosovo karena gagal menerima deklarasi kemerdekaan dari Serbia tahun 2008.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Kami semua memahami ancaman sebenarnya datang dari penolakan Serbia mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat,” kata Osmani, Kamis (1/6/2023).

Ia menuduh Vucic mendukung kelompok kriminal di utara Kosovo yang menurutnya bertanggung jawab atas bentrokan yang melukai 30 pasukan penjaga perdamaian NATO dan 52 pengunjuk rasa etnis Serbia.

Berita Lainnya:
15 Roket Bombardir Galilea Israel Utara, Hizbullah: Target Kumpulan Tentara Israel, Mereka Tewas

“Presiden Vucic harus berhenti mendukung kelompok kriminal di Kosovo, itulah apa yang perlu ia lakukan bila benar-benar menginginkan perdamaian, ia belum menunjukan itu,” katanya.

Serbia menolak tuduhan tersebut. Dalam pertemuan yang digelar di sebuah kastil di pedesaan Moldova, Vucic tampak tidak sekeras retorika Osmani. Tapi ia mengatakan pemerintah Kosovo harus menarik “orang yang diduga walikota” dari utara dan menyatakan keberadaan unit polisi khusus di sana ilegal.

“Serbia akan melakukan yang terbaik dan yang paling baik untuk meredakan ketegangan yang artinya kami akan mencoba membujuk etnis Serbia untuk tenang dan damai,” katanya.

“Mereka sangat bertekad, mereka ingin melihat unit polisi khusus mundur,” kata Vucic.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi