Kamis, 18/04/2024 - 08:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Dialog AS-Cina Pudar di Shangri-La Dialogue

ADVERTISEMENTS

SINGAPURA – Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin menegaskan, Washington tak akan diam terhadap ‘paksaan dan perisakan’ pada sekutu dan mitranya oleh Cina. Ia menyatakan lebih suka dialog dibandingkan konflik. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

‘’Jelas, kami tak mencari konflik atau konfrontasi. Namun, kami tidak akan mundur jika menghadapi perisakan atau paksaan,’’ kata Austin saat bicara di forum Shangri-La Dialogue, pertemuan tahunan petinggi pertahanan, diplomat, dan pemimpin di Singapura, Sabtu (3/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Austin menyayangkan penolakan Cina untuk berdialog.  Makanya, ia prihatin Cina enggan serius membahas mekanisme lebih baik dalam mengelola krisis antara militer dua negara. ‘’Lebih banyak kita bicara, makin memungkinkan kita terhindar dari salah paham.’’

ADVERTISEMENTS

Pejabat senior militer Cina, Letjen Jing Jianfeng, menyerang balik. Menurut dia, AS bertanggung jawab atas gagalnya dialog dengan meningkatkan sanksi pada pejabat-pejabat Cina. AS pun membuat stabilitas Asia-Pasifi rusak akibat kehadiran militernya di kawasan itu. 

Berita Lainnya:
Imbas Serangan Iran, Sejumlah Negara Timteng Tutup Wilayah Udara

 

‘’Hubungan AS-Cina menghadapi kesulitan dan ini semua karena AS,’’ kata Jing. Ia mendampingin Menhan Cina Li Shangfu. Di tempat lain pada hari yang sama, satu kapal perang milik AS dan Kanada berlayar melalui Teluk Taiwan. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia menuding AS mengeksploitasi negara-negara Asia-Pasifik demi kepentingannya sendiri, mempertahankan dominasinya di kawasan. Ia mencontohkan, AS membangun aliansi yang merawat nuansa Perang Dingin dan membuat pakta-pakta baru.

Di antaranya, AUKUS yang melibatkan Inggris dan Australia di dalamnya. Ada pula Quad, organisasi yang juga melibatkan Australia, India, dan Jepang untuk memecah belah dunia berdasarkan ideologi, memantik konfrontasi.  

Sebaliknya, ia menyatakan,’’Cina berkomitmen pada pembangunan dan kemakmuran kawasan,’’ katanya.

Mengamankan Indo Pasifik

Menhan AS Lloyd Austin juga berharap dukungan visi Indo Pasifik yang bebas, terbuka, dan aman. Ini cara terbaik mengatasi langkah Cina yang kian marajalela di kawasan tersebut. AS meningkatkan aktivitasnya di sekitar Indo Pasifik. 

Berita Lainnya:
Israel Lanjutkan Serangan ke Rumah Sakit al-Shifa

Termasuk berlayar atau terbang secara teratur di atas Teluk Taiwan dan Laut Cina Selatan. ‘’Kami ingin meyakinkan, semua negara bisa terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan,’’ katanya. 

Setiap negara baik kecil maupun besar, jelas Austin, harus bebas melakukan aktivitas maritim. Letjen Jing Jianfeng merespons Austin, Cina memiliki kedaulatan atas Laut Cina Selatan. Menhan Cina, Li Shangfu menolak undangan Austin berbicara di sela acara. 

Meski keduanya berjabat tangan sebelum duduk di satu meja pada sisi yang berhadapan saat pembukaan Shangri-La Dialogue. Austin menyatakan, berjabat tangan tidaklah cukup, yang dibutuhkan pembicaraan. 

sumber : AP/Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi