Selasa, 16/04/2024 - 12:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ibadah Kurban Bentuk Pengembangan Empati

ADVERTISEMENTS

BANDAR SERI BEGAWAN — Di akhir bulan Juni ini, bertepatan dengan pelaksanaan haji, umat Muslim seluruh dunia pun akan melaksanakan ibadah kurban. Hari raya kurban ini dilakukan di bulan Dzulhijjah, atau yang disebut juga dengan Hari Raya Idul Adha.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam khutbah Jum’at kemarin, para Imam di Brunei Darussalam bahwa ibadah kurban merupakan sunnat muakkadah. Hal ini dianggap mengembangkan sifat-sifat terpuji dan memiliki nilai-nilai Islam yang luhur.

ADVERTISEMENTS

Mayoritas cendekiawan Islam disebut menganggap ibadah itu sunnah, dengan mengikuti tradisi Nabi Muhammad SAW. Adapun darah dari kurban yang tumpah di bumi akan mendapat tempat terhormat di sisi Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Dilansir di Borneo Bulletin, Sabtu (3/6/2023), disampaikan waktu pelaksanaan ibadah kurban adalah setelah matahari terbit pada Hari Raya Idul Adha. Yaitu, setelah selesainya sholat sunnah pada 10 Dzulhijjah hingga matahari terbenam pada hari terakhir Tasyrik, tanggal 13 Dzulhijjah.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kisah Ulama yang Belajar Ilmu Faraidh Ketika Hadapi Sakaratul Maut

 

“Sifat-sifat terpuji yang terbentuk selama ibadah kurban adalah mengajarkan kasih sayang, sekaligus mengembangkan sikap dermawan terhadap orang yang kurang mampu dan bersabar ketika menghadapi ujian hidup,” kata mereka.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Ibadah kurban, sama halnya dengan haji, bersifat simbolik. Ini bukanlah sebuah ritual menumpahkan darah untuk mendapatkan pertolongan Allah melalui kematian makhluk lain, tetapi ungkapan terima kasih kepada Allah SWT atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan berharga kepada mereka yang tidak mampu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Tirakat berupa penyembelihan hewan kurban sejatinya telah ada sejak pra-Islam. Hal ini bahkan dipraktikkan oleh orang-orang Arab kafir dan juga Yahudi, sebagai bentuk persembahan untuk memperoleh kekayaan dan perlindungan Allah, dengan pengorbanan darah.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Sekjen PBB: Desakan Gencatan Senjata di Gaza Semakin Menguat

Untuk itu, Islam pun datang dan mengubah tradisi tersebut. Penyembelihan kurban bukan lagi untuk mendamaikan Tuhan yang sedang marah, atau menebus dosa-dosa sebagaimana yang diyakini umat kristen. Sebaliknya, kurban menurut Islam adalah untuk memadamkan ego dan keinginan pribadi kepada Allah SWT. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Dalam QS As-Safat ayat 102-107 disebutkan Allah SWT tidak pernah menyuruh Ibrahim membunuh (mengorbankan) putranya. Hal ini berbeda dengan yang disebut dalam Alkitab, bahwa Abraham (Ibrahim as) diperintahkan berkurban dengan membunuh putranya.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dengan kata lain, alasan yang mendasari umat Islam berkurban bukanlah pertaubatan darah atau mencari pertolongan melalui kematian orang lain, melainkan ungkapan rasa syukur atas rezeki yang didapat. Di sisi lain, ini merupakan pengorbanan pribadi untuk berbagi harta, benda dan makanan berharga mereka, dengan sesama manusia. 

Sumber:

https://borneobulletin.com.bn/sacrificial-worship-develops-empathy-say-imams/

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi