Kamis, 25/04/2024 - 03:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

KA Sibinuang Ganti Nama Jadi KA Pariaman Ekspres

ADVERTISEMENTS

Petugas menyemprotkan disinfektan ke KA Sibinuang. KA Sibinuang ganti nama menjadi Pariaman Ekspres.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

PADANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatra Barat mengganti nama KA Sibinuang menjadi Pariaman Ekspres sekaligus menambah panjang rute yang dilayani mulai 1 Juni 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“KA Sibinuang sebelumnya melayani rute Padang-Naras, Pariaman, pulang-pergi (PP). Setelah namanya diubah jadi Pariaman Ekspres, rute yang dilayani diperpanjang menjadi Pauhlima – Naras (PP),” kata Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar, Sofan Hidayah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan, perubahan nama itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengingat nama KA sesuai tempat tujuan di Pariaman. Sementara penambahan rute untuk memperpanjang relasi dan meningkatkan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Mulai Penerapan One Way, Jasa Marga Minta Pengendara tidak Terlena Euforia

“KA Pariaman Ekspres ini bisa menjadi pilihan moda transportasi efektif, efisien, dan murah bagi masyarakat dari Pariaman ke Pauh Lima dan sebaliknya. Dalam sehari adadua perjalanan dari Naras menuju Pauhlima (KA B1 dan B3),” kata Sofan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Meskipun terjadi perubahan pada nama kereta api, tapi fasilitas kereta maupun nomor KA tersebut tetap sama. Yakni dimulai dari B1 sampai B8 (Pariaman Ekspres) dengan Relasi Naras-Pauhlima. “Masyarakat di wilayah Padang lebih ekonomis, efisien serta tepat waktu menuju Pauh Lima. Begitupun dengan tarifnya lebih murah jika menggunakan KA Pariaman Ekspres dengan Tarif dari Pauhlima ke Naras Rp 5.000,” kata Sofan.

Berita Lainnya:
YLKI Minta Badan Usaha Benahi Sistem Perlindungan Data Pribadi

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, pergantian nama dan perpanjangan rute KA itu menjadi satu langkah maju dalam memberikan pelayanan moda transportasi tepat waktu dan murah bagi masyarakat. “Ke depan kita berharap kereta api bisa melayani akses transportasi masyarakat di dalam kota. Kalau kita lihat di kota-kota yang maju, moda transportasi di dalam kota itu hidup dan menunjang pergerakan masyarakat,” kata Mahyeldin

KA Sibinuang mulai melayani masyarakat Sumbar sejak 2007 dimulai dengan relasi Padang-Pariaman. Relasi itu kemudian diperpanjang menjadi Padang-Naras. Sibinuang merupakan salah satu nama hewan mitologi dari Minangkabau berwujud kerbau sakti dan pernah muncul dalam cerita rakyat Cindua Mato.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi