Jumat, 19/04/2024 - 09:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Warga di Cipinang Jaktim Diedukasi Keterampilan Pemulasaraan Jenazah

ADVERTISEMENTS

 JATINEGARA — Para sukarelawan santri menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah di Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Relawan beranggotakan para santri ini mengundang ustaz profesional di Jakarta yang biasa memberikan pelatihan pemulasaraan jenazah untuk menjadi pemateri pelatihan ini. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ratusan warga yang mayoritas dari jemaah majelis taklim di daerah Jatinegara itu ikut serta dalam pelatihan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Humas SDG atau Santri Dukung Ganjar, Arief Wicaksana menjelaskan terdapat beberapa poin yang diajarkan dalam pelatihan tersebut, mulai dari tata cara memandikan, mengkafani, menyalati, hingga menguburkan jenazah. 

ADVERTISEMENTS

“Tujuannya adalah agar masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami. Dijelaskan oleh ustaz tadi juga kalau kami ingin menjadi tukang memandikan jenazah. Niat kita harus bisa menjaga rahasia, karena tidak bisa memberikan informasi (kondisi tubuh jenazah) setelah memandikan jenazah,” kata Wicaksana, seperti dilansir pada Sabtu (3/6/2023). 

Berita Lainnya:
3 Ribu Aparat Gabungan Amankan Aksi 164 di Sekitar MK Hari Ini

Relawan SDG juga mengedukasi warga perihal hukum fardhu kifayah dari pemulasaran jenazah, yang bermakna bahwa kewajiban yang apabila sudah ada sebagian muslim yang melaksanakan, maka gugurlah kewajiban tersebut. 

Dia berharap pelatihan ini dapat mengedukasi masyarakat secara lebih luas, sehingga banyak masyarakat makin paham tentang bagaimana prosedur tata cara pemulasaran jenazah sesuai dengan tuntunan syariat Islam. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain itu, pelatihan ini juga ditujukan untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat. Sehingga bila ada kerabatnya di lingkungannya yang meninggal, mereka bisa mengurusnya secara mandiri. 

“Agar masyarakat tidak menunggu saat ustaz yang belum hadir jika ingin memandikan jenazah. Jadi, menciptakan kemandirian karena ini sangat penting bagi masyarakat untuk memandikan jenazah. Karena kalau tidak memandikan jenazah, yang berdosa satu kampung,” jelasnya. 

Dalam pelatihan tersebut, relawan juga memberikan sejumlah kain kafan kepada warga. Tujuannya agar para warga bisa terus berlatih pemulasaran jenazah tersebut. 

Berita Lainnya:
PDIP Soal Pilkada Sumatera Utara: Semua Boleh Mendaftar Kecuali Bobby Nasution

Dia melanjutkan, relawan SDG akan kembali menggelar kegiatan pelatihan lain di wilayah lainnya. Dia menyebut, pihaknya merencanakan akan melakukan pelatihan kewirausahaan atau peternakan. 

“Salah satunya mungkin masih ada pemulasaran jenazah, pelatihan pencetakan sablon, ataupun peternakan. Digelar di berbagai wilayah, dan sekarang (relawan SDG) sudah ada di 20 wilayah di Indonesia,” kata Wicaksana. 

Kelompok serupa juga melakukan kegiatan bermanfaat di Tuban, Jawa Timur. Mereka membekali para santri Pondok Pesantren Al Khikmah, Desa Sukosari, Kabupaten Tuban dengan teknik fotografi dan videografi.

“Pembekalan sekaligus pelatihan untuk konten-konten media sosial yang menarik dan positif,” ujar Sekretaris Wilayah SDG Jatim Hamdan Muafi, Sabtu, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi