Jumat, 19/04/2024 - 13:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Deretan Tokoh Kunci Dalam Kabinet Baru Erdogan

ADVERTISEMENTS

ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah membentuk kabinet baru pada Sabtu (3/6/2023). Erdogan menunjuk menteri ekonomi dan menteri luar negeri baru untuk mendukung pemerintahannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Berikut adalah deretan tokoh kunci dalam kabinet baru Erdogan:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

1. Menteri Keuangan, Mehmet Simsek

ADVERTISEMENTS

Mantan kepala ekonomi Simsek telah ditunjuk sebagai menteri keuangan.  Dia sangat dihormati oleh pasar keuangan ketika menjabat sebagai menteri keuangan dan wakil perdana menteri antara 2009 dan 2018. Penunjukan Simsek dinilai sebagai sinyal dari berakhirnya kebijakan ortodoks yang ditetapkan Erdogan selama bertahun-tahun.

 

Sebelum memasuki peran politik, Simsek bekerja sebagai ekonom di Kedutaan Besar AS di Ankara dan kemudian di Merrill Lynch.  Dia dikenal karena pendekatan pragmatisnya dan menganjurkan reformasi ekonomi yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan, menarik investasi asing, dan memastikan disiplin fiskal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Erdogan: Netanyahu Biang Kerok Utama Ketegangan di Timur Tengah 

2. Menteri Luar Negeri, Hakan Fidan

Fidan diangkat sebagai menteri luar negeri, menggantikan Mevlut Cavusoglu. Fidan adalah salah satu orang kepercayaan terdekat Erdogan. Fidan telah memimpin Organisasi Intelijen Nasional (MIT) sejak 2010, dan sebelumnya menjadi penasihat Erdogan di kantor perdana menteri.  Fidan adalah seorang bintara di Angkatan Darat Turki dari 1986 hingga 2001. Dia juga mengelola Badan Pengembangan dan Kerjasama Turki dari 2003 hingga 2007. Pada 2012, Fidan menjadi subjek penyelidikan atas pembicaraan damai rahasia yang diadakan oleh MIT dengan kelompok militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) terlarang di Oslo. Namun penyelidikan itu dihentikan.

3. Menteri Pertahanan, Yasar Guler

Yasar Guler diangkat sebagai menteri pertahanan. Guler telah bertugas di angkatan bersenjata selama 49 tahun. Dia menjadi kepala staf umum sejak 2018. Guler adalah panglima militer selama serangan militer Turki ke Suriah  pada 2019 dan 2020. Dia juga mengawasi operasi militer selanjutnya di Suriah dan Irak.

Berita Lainnya:
Pejuang Gaza Bikin 15 Tentara Teroris Israel Tewas dan Luka Parah, Dibawa Pakai Helikopter ke 5 RS Berbeda

4. Wakil Presiden, Cevdet Yilmaz

Cevdet Yilmaz ditunjuk sebagai wakil presiden.  Dia sebelumnya menjabat sebagai menteri pembangunan, wakil ketua urusan ekonomi Partai AK dan wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas ekonomi.  Yilmaz telah menjadi ketua Komisi Perencanaan dan Anggaran Parlemen Turki sejak November 2020.

5. Menteri Dalam Negeri, Ali Yerlikaya

Ali Yerlikaya diangkat sebagai menteri dalam negeri menggantikan Suleyman Soylu, yang mempertahankan posisinya sejak 2018. Yerlikaya telah menjadi gubernur Istanbul sejak 2018. Sebelumnya Yerlikaya menjabat sebagai gubernur provinsi Gaziantep, Tekirdag, Agri, dan Sirnak.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi