Kamis, 18/04/2024 - 20:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Elektabilitas Erick Thohir Tertinggi, PAN: Pilihan Kami Jelas Bukan ‘Kaleng-Kaleng’

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, tingginya elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) menunjukkan bahwa Menteri BUMN itu memang pantas maju dalam gelaran Pilpres 2024. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Artinya yang kami usung bukan sesuatu yang ‘kaleng-kaleng’, tapi sesuatu yang luar biasa. Tawaran kami buat Merah Putih ini luar biasa,” kata Yandri dalam acara rilis hasil survei Indikator Politik Indonesia secara daring, Ahad (4/6/2023). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut Yandri, bakal calon presiden (capres) PDIP, Ganjar Pranowo dan Capres Gerindra, Prabowo Subianto harus mempertimbangkan tingginya elektabilitas Erick Thohir ini ketika hendak menentukan cawapres pendamping. PAN diketahui memang mensyaratkan Erick Thohir menjadi cawapres dalam menentukan dukungan capres. 

ADVERTISEMENTS

PAN sudah menyodorkan nama Erick Thohir kepada PDIP untuk menjadi cawapres pendamping Ganjar. Dalam waktu dekat, kata Yandri, pihaknya akan menyodorkan Erick kepada Prabowo Subianto. 

“Insya Allah dalam waktu tidak lama, kami akan memutuskan (capres yang hendak diusung PAN), antara Ganjar atau Prabowo. Tapi, wakil presidennya Insya Allah Erick Thohir,” kata Yandri. 

Berita Lainnya:
Polresta Bogor Periksa Pria Pengepul Limbah Plastik Sebabkan Sungai Ciliwung Berbusa

Yandri menambahkan, Erick Thohir menjadi cawapres dengan elektabilitas tertinggi karena keberhasilannya memimpin PSSI. Erick Thohir berperan mengantarkan Timnas Sepak Bola Indonesia meraih medali emas dalam ajang SEA Games 2023. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Erick juga bisa membawa Timnas Argentina ke Tanah Air untuk berlaga melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni mendatang. “Menurut orang, sesuatu yang tidak mungkin lah Messi dan kawan-kawan sebagai juara Piala Dunia bisa datang ke Indonesia. Tapi Erick Thohir bisa lakukan itu,” ujar Yandri. 

Dalam survei nasional yang digelar Indikator Politik Indonesia pada 26-30 Mei 2023, elektabilitas Erick mengungguli 17 nama cawapres lainnya. Ketua Umum PSSI itu menduduki posisi pertama dengan tingkat keterpilihan 15,5 persen. Padahal, dalam survei Indikator Politik Indonesia pada awal Mei, Erick berada di urutan ketiga. 

Berita Lainnya:
Prabowo akan Pasang Lukisan Karya SBY di Istana Negara

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, peningkatan elektabilitas Erick Thohir ini berkaitan erat dengan kepemimpinannya di PSSI yang dinilai memuaskan. Berkorelasi pula dengan penilaian publik bahwa Erick berperan besar di balik keberhasilan Timnas Sepak Bola Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 pada 16 Mei lalu. 

“Artinya, efek bola ini cukup menjelaskan mengapa elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres meningkat tajam. Tentu tidak semata-mata mata bola (karena) beliau kan multitasking sebagai menteri BUMN, pernah menjadi Ketua Asian Games dan lain-lain. Tetapi dari data yang tersedia sekarang, penjelasannya ya bola,” kata Burhanuddin. 

Survei nasional Indikator Politik Indonesia ini melibatkan 1.230 responden dari seluruh Indonesia. Responden dipilih dengan metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak. Wawancara dilakukan via telepon. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi