Kamis, 25/04/2024 - 08:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Balai Besar TNBTS Ganti Arca Ganesha yang Hilang di Gunung Bromo

ADVERTISEMENTS

MALANG — Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengganti Arca Ganesha yang berada di bibir kawah Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Arca tersebut sebelumnya dilaporkan hilang pada 17 Mei 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan  penempatan Arca Ganesha yang baru tersebut diletakkan pada tempat yang sama di bibir kawah Gunung Bromo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Arca Ganesha telah diganti dengan yang baru, di tempat yang sama dengan melaksanakan ritual sederhana,” kata Septi, Senin (5/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Septi menjelaskan, pelaksanaan penempatan Arca Ganesha yang baru tersebut telah dilakukan pada 2 Juni 2023 kurang lebih pada pukul 00.35 WIB. Waktu tersebut dipilih sebagai waktu yang paling baik berdasarkan petunjuk leluhur suku Tengger.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, pemasangan Arca Ganesha yang baru tersebut dilakukan oleh beberapa anggota Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dan diserahterimakan oleh Romo Dukun Keto, dari wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Peserta Mudik Gratis dari Depok Sudah Tiba di Padang

“Penempatan pada waktu tersebut, dipilih sebagai waktu yang baik berdasarkan petunjuk leluhur,” ujarnya.

Arca Ganesha tersebut didatangkan dari wilayah Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Arca baru tersebut memiliki dimensi tinggi kurang lebih 50 sentimeter, lebar 50 sentimeter dan berat kurang lebih 25 kilogram.

“Diharapkan, kelestarian alam dan budaya masyarakat Tengger tetap terjaga,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Arca Ganesha yang berada di bibir kawah Gunung Bromo yang masuk pada wilayah Kabupaten Probolinggo, dilaporkan hilang. Arca tersebut, sebelumnya berada kurang lebih 50 meter dari tangga bibir Gunung Bromo.

Arca yang hilang itu tersebut, terbuat dari semen cor yang dipasang oleh masyarakat Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo pada 2012. Dimensi arca yang hilang tersebut, kurang lebih sama dengan arca baru yang saat ini telah terpasang.

Berita Lainnya:
Gugatan Timnas AMIN dan TPN Ganjar Cacat Formil di MK, Otto Beberkan Analisisnya

Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo saat itu sudah melakukan penyelidikan atas peristiwa hilangnya Arca Ganesha tersebut. Berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kepolisian menyimpulkan arca tersebut jatuh ke kawah Gunung Bromo.

Kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Pada 2022, tercatat dikunjungi sebanyak 318.919 wisatawan, yang terbagi dari 310.418 pengunjung merupakan wisatawan nusantara dan sebanyak 8.501 merupakan wisatawan asing.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjang 2022 tersebut, ada Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp 11,65 miliar, yang meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak Rp 4,85 miliar.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi