ACEH

Hari Peduli Lingkungan, SP Aceh Tanam 100 Pohon di Pantai Lhoknga

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Sejumlah perempuan yang bergabung dalam Solidaritas Perempuan Bungong Jeumpa Aceh menggelar aksi tanam pohon di pantai Lhoknga.

ADVERTISEMENTS

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati hari Peduli Lingkungan Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023. Sebanyak 100 pohon yang terdiri dari dua jenis yaitu pohon Cemara Laut (Casuarina equisetifolia L), dan pohon Ketapang (Terminalia catappa).

ADVERTISEMENTS

Koordinator Solidaritas Perempuan Bungoeng Jeumpa Aceh, Yeni Hartini mengatakan kerusakan lingkungan Aceh yang kian hari semakin parah mulai dari perambahan hutan hingga pencemaran lingkungan semakin tak terkendalikan. Sehingga perlu bentuk kepedulian yang nyata dalam menjaga lingkungan yang sehat salah satunya dengan menanam pohon.

ADVERTISEMENTS

“Keberadaan perusahaan besar yang tidak ramah lingkungan kini sudah berdampak pada masyarakat sekitar, seperti kekurangan air bersih,” kata Yani, Senin (5/6/2023).

Yeni juga menjelaskan pemilihan lokasi di pantai Lhoknga itu memiliki alasan tertentu, bentuk dari kritik masyarakat terhadap salah satu perusahaan di sana yang dinilai tidak ramah lingkungan dan menyebabkan krisis air bersih.

Ia juga menyebutkan debit air di daerah hulu (Pucoek Krueng) sudah mengalami penyusutan akibat cuaca ekstrim. Hal itu menyebabkan petani harus menunda turun ke sawah dan beberapa petani mengalami gagal panen.

ADVERTISEMENTS

“Dulunya masyarakat di Lhoknga sangat gampang mendapatkan air bersih, namun sekarang kebalikannya,” tutur Yeni.

Dia menjelaskan kekurangan air bersih ini sangat dirasakan oleh ibu-ibu rumah tangga, dimana setiap pagi mereka harus mengangkut air bersih untuk kebutuhan memasak dan lain-lain.

“Fokus kita memang daerah Lhoknga karena daerah ini mengalami krisis air bersih,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Yeni juga menyampaikan dengan kegiatan penanaman pohon diharapkan agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan berani menyuarakan tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah.

Sebelum dilakukan aksi, peserta diberikan wawasan serta pemahaman tentang pentingnya merawat lingkungan dan menjaga dari kerusakan, sehingga tidak terjadi krisis kerusakan lingkungan yang mengganggu kelangsungan hidup anak cucu nanti.

Aksi tanam pohon juga di iringi dengan bersih-bersih pantai dari sampah plastik makanan dan plastik rumah tangga yang berserakan di sepanjang bibir pantai.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Exit mobile version