Jumat, 26/04/2024 - 05:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Wapres Dorong Indonesia Kembangkan Pembangkit Berbasis Nuklir

ADVERTISEMENTS

Pembangkit listrik tenaga nuklir (ilustrasi). Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mendorong pengembangan pembangkit listrik berbasis nuklir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mendorong pengembangan  pembangkit listrik berbasis sumber daya nuklir. Hal ini disampaikan Kiai Ma’ruf saat menerima Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Nono Sampono yang melaporkan tentang perkembangan nuklir sebagai bagian dari industri. Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, Kiai Ma’ruf memiliki kesamaan pandangan terkait perlunya pengembangan energi listrik berbasis nuklir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Wapres intinya sama bahwa Indonesia memang sudah seharusnya masuk ke listrik berbasis nuklir karena manfaatnya luar biasa, efisiensinya luar biasa, jauh lebih murah dari segalanya,” ujar Masduki dalam keterangannya, Senin (5/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pertamina NRE Suplai Energi Bersih Selama Libur Lebaran

Hanya saja, Wapres berpesan agar diperhatikan soal keamanan dan pengembangan teknologinya. “Dalam konteks keamanan juga sudah didiskusikan bahwa secara teknologi saat ini listrik berbasis nuklir itu sudah cukup aman bisa dijaga dengan baik dan teknolog-teknolog Indonesia sudah bisa melakukan itu,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Dalam kesempatan itu, Nono juga menyampaikan masalah lainnya mulai dari pengembangan ekonomi keuangan syariah, sistem logistik nasional, hingga topik pemekaran daerah. Sebelumnya, pemerintah mulai serius mengembangkan nuklir sebagai sumber energi masa depan lewat terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2023 tentang Wilayah Pertambangan. Dalam beleid tersebut, pemerintah membuka diri bagi yang hendak mengembangkan wilayah pertambangan dengan potensi radio aktif di dalamnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Indonesia Diharap Hindari Wilayah Konflik

 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan, Indonesia memiliki potensi cadangan mineral radio aktif yang menjadi bahan baku utama nuklir. Saat ini, khususnya di wilayah tambang timah, terdapat zat radio aktif yang menjadi komponen utama nuklir. Arifin mengatakan, pemerintah ingin memastikan komponen itu terkelola dengan baik.

“Memang kita punya sumbernya. Sumbernya ada di beberapa, antara lain di hasil tambang timah. Makanya harus kita amankan karena kita perlu. Ini untuk kepentingan energi masa depan,” ujar Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (26/5/2023).

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi