Rabu, 24/04/2024 - 09:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Air Minum Layak Kurang, Wapres Soroti Banyak PDAM Sakit

ADVERTISEMENTS

Petugas PDAMmengontrol saluran air untuk diolah menjadi air bersih di Lambaro, Aceh Besar, Aceh, Rabu (31/8). Jumlah PDAM sehat baru 58 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA–Wakil Presiden KH Ma’ruf menyoroti hampir setengah dari jumlah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia masih berstatus ‘kurang sehat’ dan ‘sakit’. Kiai Ma’ruf memaparkan data Kementerian PUPR tahun 2021 yang menunjukkan jumlah PDAM yang statusnya ‘sehat’ baru sekitar 58 persen dari total 388 PDAM, sisanya masih berstatus ‘kurang sehat’ dan ‘sakit’.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Padahal kehadiran PDAM sehat dibutuhkan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan air.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jasa Marga Kembali Tebar Diskon Tarif Tol pada 17-19 April 2024

“Untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan air minum, kondisi PDAM harus sehat dan didukung manajemen internal yang kuat, sehingga mampu mengoperasikan Sistem Penyediaan Air Minum secara efektif dan efisien,” ujar Kiai Ma’ruf saat membuka Indonesia Water and WastewaterExpo and Forum 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

ADVERTISEMENTS

Karena itu, Kiai Ma’ruf mendorong penguatan tata kelola dan kelembagaan penyelenggaraan air minum. PDAM didukung pemerintah daerah perlu fokus pada aspek keuangan, pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Bagi PDAM yang belum berstatus sehat, dapat belajar dari kisah sukses PDAM yang sudah berstatus sehat, untuk kemudian dipraktikkan sesuai kondisi daerah masing-masing,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Pertamina Kilang Balongan Jamin Stok BBM Aman Selama Lebaran

Dalam kesempatan itu, Kiai Ma’ruf mengatakan banyak masyarakat Indonesia yang belum dapat menikmati air bersih yang layak dan aman. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan, sekitar 7 dari 10 sumber air rumah tangga tercemar limbah.

Kondisi ini kata Kiai Ma’ruf, juga terjadi di belahan dunia lainnya. Laporan Organisasi Meteorologi Dunia menyebutkan sejumlah 3,6 miliar penduduk dunia tidak mendapat akses air bersih yang layak.

“Setidaknya selama sebulan dalam setahun pada 2018. Jumlah tersebut diperkirakan bertambah hingga 5 miliar orang pada 2050,” ujarnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi