Kamis, 25/04/2024 - 05:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Apa Itu Bulan Stroberi?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Bulan purnama yang hadir awal Juni 2023 silam disebut //strawberry moon// alias bulan stroberi. Orang-orang di seluruh dunia dapat melihat pemandangan bulan yang manis itu di langit malam, yakni pada Sabtu (2/6/2023) atau Ahad (3/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tentunya, itu tergantung di belahan planet mana seseorang tinggal. Namun, mengapa purnama itu disebut bulan stroberi? Secara tradisional, bulan stroberi adalah bulan purnama di bulan Juni, yang biasanya merupakan akhir musim semi atau awal musim panas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut The Old Farmer’s Almanac, nama itu digunakan oleh suku asli Amerika Algonquin yang tinggal di bagian timur laut Amerika Serikat. Begitu juga suku Ojibwe, Dakota, dan Lakota. Sebutan itu digunakan untuk menandai pematangan buah stroberi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Lubang Hitam Bintang Terbesar Hingga Saat Ini Ditemukan di Galaksi Kita 

Di sana, buah stroberi siap dipanen oleh penduduk setiap bulan Juni. Di berbagai belahan dunia, bulan stroberi memiliki nama lain, seperti flower moon, hot moon, honey moon, rose moon, Vat Purnima, dan Poson Poya.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Karena bulan stroberi punya posisi lebih rendah di langit belahan bumi utara, purnama itu akan tampak memberikan cahaya yang “lebih hangat”. Oleh karena itu, secara tampilan, bulan stroberi terlihat lebih kuning atau jingga, mirip dengan matahari terbenam.

Waktu terbaik untuk melihat purnama itu adalah awal Juni 2023 silam. Bulan stroberi mencapai puncaknya tepat sebelum tengah malam pada Sabtu (2/6/2023) pukul 11:42 malam waktu Eastern Daylight Time (EDT). Waktu pengamatan puncak itu berbeda-beda di seluruh dunia.

Berita Lainnya:
BRIN Jalin Kolaborasi Riset Kosmetik Berbahan Tumbuhan

Bulan stroberi terlihat penuh sejak Jumat malam pekan lalu hingga Senin pagi awal pekan ini. The Farmer’s Almanac menyarankan untuk menemukan area terbuka dan melakukan pengamatan saat bulan terbit untuk hasil yang terbaik.

Sebelum bulan stroberi, pada April dan Mei 2023 silam ada flower moon dan pink moon yang cantik di langit. Jika tak sempat melihat ketiganya, tak perlu khawatir, sebab akan ada empat supermoon berturut-turut. Satu bisa diamati pada Juli 2023, dua di bulan Agustus 2023, dan satu lagi di bulan September 2023.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi