Selasa, 16/04/2024 - 20:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ciri-Ciri Istri yang Shalehah, Adakah Padamu? 

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Istri yang shalehah dan berakhlak mulia merupakan salah satu faktor penting yang dapat membuat rumah tangga menjadi bahagia. Seorang istri yang shalehah dan berakhlak akan dapat menjaga agamanya dan kehormatan suami serta keluarganya. Seperti apa ciri-ciri istri shalehah itu?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menukil sebuah hadits yang menjelaskan tentang beberapa ciri istri shalehah : 

ADVERTISEMENTS

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَااسْتَفَادَالْمُؤْمِنُ بَعْدَتَقْوَى اللَّهِ خَيْرًالَهُ مِنْ زَوْجَةٍ صَالِحَةٍ, إِنْ أَمَرَهَاأَطَاعَتْهُ وَاِنْ نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ, وَاِنْ أَقْسَمَ عَلَيْهَاأَبَرَّتْهُ, وَاِنْ غَابَ عَنْهَا نَصَحَتْهُ فِى نَفْسِهَاوَمَالِهِ.  

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah memperoleh seorang Mukmin sesudah bertakwa kepada Allah sebuah kebaikan bagiannya daripada memperoleh Istri yang salehah. Apabila memerintah kepadanya maka ia taat pada suaminya, apabila suaminya melihatnya maka membahagiakan, apabila sumpah suaminya atas istrinya maka ia menuruti suaminya, apabila suaminya pergi maka ia menjaga dirinya dan harta suaminya,” (HR. Ibnu Majah)

Berita Lainnya:
Mengenal Tradisi Penggunaan Nama Kunya di Kalangan Orang Arab

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa istri yang shalehah yaitu adalah yang taat kepada suaminya. Selama suaminya tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat dan dosa, maka wajib bagi seorang istri taat pada suaminya. Selain itu istri yang salehah adalah yang membuat bahagia ketika suaminya memandangnya. Istri salehah akan memberikan senyum terbaik dan penampilan terbaik ketika suaminya berada di rumah, akhlaknya pun baik kepada suami dan anak-anaknya. 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Dan ketika berbicara dengan suaminya, ia tidak mengeluarkan suara yang lebih tinggi dari suaminya. Istri yang shalehah juga yang menuruti suaminya. Dan istri salehah itu mampu menjaga harga dirinya, kehormatan keluarganya, harta benda keluarganya terlebih yang khusus milik suaminya, ketika suaminya itu sedang tidak di rumah. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Allah Menyukai Hamba yang Beramal Shaleh

Istri shalehah tidak akan berselingkuh. Ia tidak akan berani memasukan lelaki asing ke dalam rumah ketika suaminya pergi. Istri salehah akan menjaga baik apa yang diamanatkan suaminya. Ia tidak akan menjual atau pun sekedar meminjamkan benda-benda milik suaminya kepada orang lain tanpa terlebih dulu mendapatkan izin dari suaminya. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Maka dari itu istri yang shalehah sangatlah berharga. Rasulullah  SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلدُّنْيَامَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ.  

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Dunia itu perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang shalehah,” (HR. Bukhari).

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi