Harian Aceh Indonesia menampilkan berbagai iklan online kepada para pengunjung. Mohon dukungannya untuk membiarkan situs kami ini tetap menayangkan iklan dan dijadikan whitelist di ad blocker browser anda.
Kamis, 21/09/2023 - 21:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang Dukung Swedia Jadi Anggota NATO

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi. Jepang nyatakan dukungannya terhadap Swedia untuk gabung NATO.

TOKYO — Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi menyatakan dukungan Tokyo terhadap pengajuan Swedia untuk menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menjelang KTT aliansi militer itu pada Juli. Hayashi telah bertemu Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson di Tokyo, Selasa (6/6/2023).

Keduanya bertemu untuk membahas rencana peningkatan kerja sama Jepang dan Swedia di tengah perang Rusia-Ukraina dan meningkatnya aktivitas militer Cina di Indo-Pasifik, menurut keterangan Kemlu Jepang. Para pemimpin NATO akan menggelar pertemuan dua hari mulai 11 Juli di Vilnius, Lithuania, selama KTT tersebut.

Dalam pertemuan itu kemungkinan bakal dibahas soal keanggotaan Swedia, yang harus disetujui oleh 31 anggota NATO. Sebagian besar anggota NATO, termasuk Amerika Serikat, siap menerima negara Skandinavia itu sebagai anggota, sementara Turki dan Hungaria keberatan.

Swedia dan Finlandia mengajukan diri untuk bergabung dengan NATO pada Mei 2022 guna mendapatkan jaminan keamanan dalam menghadapi Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu. Finlandia, tetangga Rusia yang dikenal netral selama puluhan tahun, telah resmi menjadi anggota NATO sejak April.

sumber : Antara, Kyodo-OANA

Sumber: Republika

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi
Click to Hide Advanced Floating Content

Click to Hide Advanced Floating Content