Jumat, 19/04/2024 - 05:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Menlu AS Beri Tahu Kelompok Lobi Israel, Permukiman Ilegal Hambat Perdamaian

ADVERTISEMENTS

Presiden Joe Biden berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di sela-sela KTT G7 di Hiroshima, Jepang, Ahad (21/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyampiakan perluasan permukiman Yahudi akan jadi hambatan bagi perdamaian. Ini ia sampaikan kepada American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) kelompok lobi pro-Israel. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Langkah lainnya, seperti aneksasi Tepi Barat atau upaya menghentikan status quo situs-situs suci juga berdampak buruk bagi terwujudnya solusi dua negara. Pemerintahan Presiden Joe Biden beberapa kali mengkritik pemerintah sayap kanan Israel soal perluasan permukiman. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Netanyahu Berdalih Tindakan Militer untuk Bebaskan Sandera, Hamas Harus Dilenyapkan

Termasuk kunjungan provokatif sejumlah anggota kabinet Perdana Menteri Benjamin Netanyahu baik ke situs suci Muslim maupun Yahudi.’’Perluasan permukiman jelas menimbulkan hambatan bagi harapan yang kita cari, perdamaian,’’ katanya.

Tak ada respons anggota AIPAC saat Blinken menyatakan permukiman menjadi kendala perdamaian. Gerakan aneksasi Tepi Barat baik secara de facto maupun de jure, menghilangkan status qui situs suci, berlanjutnya penghancuran rumah warga Palestina juga jadi hambatan. 

Kedubes Israel di Washington belum merespons atas pernyataan Blinken. Sementara, saat Blinken menegaskan komitmen AS terhadap Israel, tepuk tangan menggema dari audiens. Semua pilihan, kata dia, akan dilakukan untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Rudal Iran Lintasi Al-Aqsa, Capai Target Militer di Israel

Pekan ini, Blinken berencana melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Ia menyatakan, AS akan membantu usaha Israel terintegrasi dengan negara tetangga di sekitarnya. Termasuk mendorong perdamaian di Timur Tengah. 

‘’AS punya kepentingan keamanan nasional dalam mendorong normalisasi antara Israel dan Saudi,’’ jelas Blinken. AS, menurut dia, akan terus berkomitmen pada keamanan dan solusi dua negara dalam penyelesaian konflik dengan Palestina. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi