Kamis, 25/04/2024 - 17:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

ASEAN Bahas Ancaman Krisis Pangan

ADVERTISEMENTS

BOGOR — Delegasi negara-negara ASEAN melakukan pertemuan ASEAN Food Security Reserve Board (AFSRB) diCiawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu untuk membahas ancaman krisis pangan global. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa Indonesia bertindak sebagai ketua dalam pertemuan yang akan berlangsung selama dua hari itu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Banyak yang kita diskusikan dalam dua hari mengenai pangan, bagaimana krisis pangan, El nino, bagaimana kita semua mempersiapkan cadangan pangan, utamanya di ASEAN,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Arief menerangkan bahwa pertemuan itu menggarisbawahi isu penting yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ancaman kekurangan pangan dan kelaparan di berbagai belahan bumi sebagai dampak dari perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
DTW Ulun Danu Beratan Siap Pentaskan Kebudayaan Tari Kecak

Ia memperingatkan bahwa tantangan di sektor pertanian juga bertambah dengan adanya perang masih berlangsung.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden, kita dalam kondisi tidak baik-baik saja. Kita harus alert (waspada, red) untuk mempersiapkan ini semua,” kata Arief.

Ia menerangkan, pertemuan tersebut akan memperbarui informasi mengenai isu-isu terkini mengenai kebutuhan dari masing-masing negara ASEAN agar dapat diselesaikan melalui kerja sama antarnegara.

“Misalnya delegasi Malaysia nanti juga akan menyampaikan apa yang dibutuhkan. Nanti Indonesia, kemudian berapa yang kita cadangkan seperti beras,” kata Arief.

Kita sudah ada mencadangkan apabila dalam kondisi tertentu, kita bisa menyiapkan beberapa produk pangan, khususnya makanan pokok seperti beras,” ujarnya, menambahkan.

Berita Lainnya:
Menlu Retno: ASEAN Harus Bekerja Sama Atasi Tantangan Keamanan

Indonesia memegang Keketuaan ASEAN pada 2023 dengan mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, yang memusatkan upaya antara lain untukmempertahankan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Presiden Joko Widodo saat membuka KTT ke-42 ASEAN Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Mei menegaskan bahwa ASEAN harus makin memperkuat integrasi ekonomi.

Kelompok 10 negara Asia Tenggara itu juga diharapkan Presiden bisa mempererat kerja sama yang menyeluruh serta memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi, dan stabilitas keuangan. ASEAN terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi