Selasa, 16/04/2024 - 14:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jubir: Wapres Isyaratkan Dukung Kader NU Jadi Cawapres

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan, Wapres Ma’ruf Amin telah mengisyaratkan dukungan kader Nahdlatul Ulama (NU) untuk ikut berkontestasi dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Hal ini setelah Ma’ruf dikunjungi para tokoh berlatarbelakang NU yang santer diincar posisi bacawapres oleh sejumlah capres maupun parpol.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Masduki menyampaikan, sejumlah tokoh mulai dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa telah silaturahim secara khusus ke Ma’ruf. Namun demikian, Masduki enggan menjelaskan detil materi yang dibicarakan empat mata Wapres dengan para tokoh yang sowan secara terpisah tersebut.

ADVERTISEMENTS

“Apa yang dibicarakan Pak Mahfud dengan Pak Wapres apa saja saya juga nggak tahu, Ibu khofifah dengan Pak Wapres apa juga saya nggak tahu, juga dengan Cak Imin. Tetapi ya setidak-tidaknya Pak Wapres sudah memberikan sinyal untuk kader-kader NU (jadi cawapres),” ujar Masduki dalam keterangannya dikutip pada Rabu (7/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Masduki menyampaikan, sowan para tokoh ke Wapres tak lain, karena mantan Rais Aam PBNU itu merupakan tokoh senior NU. Sehingga, masih banyak yang menunggu-nunggu arah dukungan Ma’ruf. Kendati begitu, Ma’ruf kata Masduki, selalu terbuka untuk menerima silaturahmi tokoh lain.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Soal Jatah Kursi Menteri, Ketum PAN: Terserah Prabowo 

 

“Wapres sebenernya sudah cukup fair, sudah ada Pak Muhaimin sebagai pimpinan PKB sudah sowan ke Wapres, kemudian nggak lama kemudian Mahfud MD juga sudah sowan ke wapres itu bertemu empat mata di Tanara. nggak lama kemudian Khofifah itu juga sudah bertemu dengan Wapres, empat mata juga dan lama berbicara dengan Wapres,” kata Masduki.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Jadi wapres juga menunggu siapa yang akan datang sowan lagi kepada wapres hubungannya dengan kepemimpinan NU di 2024. Itu ya silahkan, wapres akan memberikan pesan ke depan, bagaimana ke depan negara ini bisa lebih baik,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Namun demikian, Ma’ruf kata Masduki tidak mau mencampuri proses partai politik maupun calon presiden memilih cawapresnya. Termasuk apakah dari kalangan kader NU.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Sudah Menang Pilpres 2024, Prabowo Masih Ungkit Nilai 11 yang Diberikan Anies

“Akan milih siapa Pak Prabowo, Pak Ganjar, saya kira monggo, tetapi terkait kader NU saya kira wapres punya pandangan-pandangan seperti itu. Tiga sudah sowan, silahkan monggo yang mau sowan lagi siapa,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sebelumnya, Ma’ruf juga pernah menyampaikan pandangannya terkait kader NU yang menjadi incaran bakal calon presiden (bacapres) maupun koalisi partai politik untuk menjadi cawapres. Ma’ruf mempersilakan sepenuhnya kepada bacapres maupun koalisi parpol.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Semua sudah silaturahim dengan saya, jadi ya semua tentu silakan dipilih saja,” ujar Ma’ruf dalam keterangannya kepada wartawan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Ketua Dewan Pertimbangan MUI juga ini mempersilakan jika ada pihak yang mengincar kader-kader NU untuk Pilpres mendatang. Namun, saat ditanyai kemungkinan dirinya bersedia jika kembali dimajukan, Kiai Ma’ruf menegaskan tidak akan maju.

“Saya kan sudah tua saya sudah bilang umur saya sudah masuk 81, kan masih banyak yang muda-muda lah,” ujarnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi