Jumat, 26/04/2024 - 02:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Ilmuwan: Bakteri dan Virus Tertentu Dapat Membantu Manusia Hidup Lebih Lama, Kok Bisa?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Rahasia panjang umur manusia mungkin tersembunyi di dalam perut mereka. Ilmuwan dari University of Copenhagen mempelajari 176 centenarian Jepang yang sehat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (8/6/2023), centenarian adalah populasi langka yang mencapai 100 tahun atau lebih. Ilmuwan tersebut menemukan bahwa mereka semua memiliki campuran bakteri dan virus di saluran pencernaan mereka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Studi tersebut menunjukkan bahwa virus tertentu di usus dapat bermanfaat bagi mikrobioma di usus, dan, oleh karena itu, kesehatan manusia. Meskipun tidak mungkin untuk mengubah kecenderungan genetik seseorang, para peneliti berspekulasi bahwa mereka dapat mengubah bioma usus seseorang untuk memasukkan campuran yang unik. “Kami selalu ingin mengetahui mengapa beberapa orang hidup sangat lama,” ujar penulis studi tersebut, Joachim Johansen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Johansen mengungkapkan penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bakteri usus warga tua Jepang menghasilkan molekul baru yang membuat mereka kebal terhadap mikroorganisme patogen -yaitu penyebab penyakit. “Dan jika usus mereka lebih terlindungi dari infeksi, maka itu mungkin salah satu hal yang menyebabkan mereka hidup lebih lama dari yang lain,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Badan Geologi: Aktivitas Erupsi Gunung Ruang Mulai Menurun  

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tim mengembangkan algoritma untuk memetakan bakteri usus dan virus bakteri para centenarian. Hasil ini kemudian dibandingkan dengan sekelompok orang dewasa berusia antara 18 dan 60 tahun.

Johansen mengatakan tim menemukan “keanekaragaman hayati yang besar pada bakteri dan virus bakteri” pada centenarian.

“Keanekaragaman mikroba yang tinggi biasanya dikaitkan dengan mikrobioma usus yang sehat. Kami berharap orang-orang dengan mikrobioma usus yang sehat akan lebih terlindungi dari penyakit yang berkaitan dengan penuaan,” ujar Johansen.

Dia menambahkan bahwa informasi tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan harapan hidup orang lain dengan merekayasa mikrobioma ke keseimbangan optimal antara virus dan bakteri untuk melindungi dari penyakit. Tim telah belajar bahwa jika virus mengunjungi bakteri, Johansen menuturkan, itu sebenarnya dapat memperkuat bakteri.

Berita Lainnya:
NASA Beri Lampu Hijau pada Misi Dragonfly ke Bulan Saturnus, Titan 

Lebih lanjut, Johansen menjelaskan virus yang tim temukan pada centenarian Jepang yang sehat mengandung gen ekstra yang dapat meningkatkan bakteri. “Kami belajar bahwa mereka mampu meningkatkan transformasi molekul tertentu dalam usus, yang mungkin berfungsi untuk menstabilkan flora usus dan menangkal peradangan,” katanya.

Sebagai contoh, makalah penelitian mengatakan para centenarian menunjukkan hasil metabolisme yang lebih besar dari hidrogen sulfida mikroba, yang dapat “mendukung integritas mukosa dan ketahanan terhadap pathobionts”. Pathobionts adalah patogen yang berasal dari usus. Integritas mukosa mengacu pada ketahanan saluran gastrointestinal (GI) — jalur sistem pencernaan yang mengarah dari mulut ke anus.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi