Sabtu, 20/04/2024 - 16:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Ini Kronologi Kecelakaan yang Menimpa Mahasiswa Teknik Mesin ITB Saat Uji Terbang

ADVERTISEMENTS

 BANDUNG — Rektorat ITB akhirnya memberikan statement terkait kecelakaan yang menimpa salah satu mahasiswanya. Yakni, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Angkatan 2022 Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Muhammad Rasyid Ghifary, yang akrab disap Fary.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto menjelaskan, Fary bersama dengan beberapa rekannya di tim Aksantara sedang melakukan uji terbang di wahana Lanud Sulaiman, Kopo, Kabupaten Bandung, Selasa 6 Juni 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Aksantara sendiri merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang robotika terbang atau yang biasa disebut dengan unmanned aerial vehicle/drone (UAV). Unit ini telah banyak mengukir prestasi pada kejuaraan kontes robot terbang, baik di skala nasional maupun internasional.

ADVERTISEMENTS

Menurut Naomi, latihan yang dilakukan Fary bersama Aksantara di Lanud Sulaiman itu merupakan salah satu bagian dari persiapan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI). Namun, kata Naomi, sekitar pukul 17.15-17.20 WIB, beberapa tim Aksantara, termasuk Fary, sedang mempersiapkan alat pelontar untuk melakukan uji terbang wahana.

Berita Lainnya:
Siswa SD Diberi Edukasi Ilmu Geospasial, Terutama Soal Peta dan Gempa Bumi, Ini Tujuannya

 

Alat lontar tersebut terdiri atas karet elastis besar yang disangkutkan pada sebuah pasak besi besar. Seusai beberapa kali percobaan, mereka belum berhasil memasangnya sehingga perlu dipindahkan tempat pasaknya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Namun, kondisi tanah tempat pasak dipindahkan rupanya berlumpur dan tak cukup kuat untuk menahannya, sehingga pasak itu terlontar dan mengenai Fary di bagian rahang bawah kanannya,” ujar Naomi kepada wartawan, Kamis (8/6/2023).

Fary pun, kata dia, langsung dilarikan ke RSAU Lanud Sulaiman. Rekan-rekannya pun segera menghubungi pihak keluarga serta Dosen pembimbing Aksantara. 

Berita Lainnya:
Cyber University, Kampus Fintech Pertama di Indonesia dengan Program CLP

Kemudian, kata dia, pendampingan dilakukan perwakilan dari ITB, yaitu dari FTMD dan Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa ITB) pun turut mendampingi saat Fary berada di rumah sakit. Beberapa waktu kemudian, orang tua mahasiswa hadir pula mendampingi.

Berdasarkan pemeriksaan elektrodiagram (EKG), menandakan sudah tidak adanya detak jantung dari Fary. “Begitu pula tak ada respons dari pupil mata sehingga dokter menyatakan almarhum meninggal pada pukul 17.44 karena adanya luka tumpul,” katanya.

“Rektor ITB beserta jajaran mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga (orang tua) Fary yang juga merupakan alumni ITB dan kepada keluarga besar FTMD atas berpulangnya Fary,” ujarnya.

ITB, kata dia, melalui Ditmawa dan FTMD memberikan perhatian, sesuai peraturan rektor berupa dana santunan dukacita dan ucapan belasungkawa dalam bentuk karangan bunga.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi