Selasa, 16/04/2024 - 19:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kabupaten Majalengka akan Jadi ‘Wajah’ Jawa Barat 20 Tahun ke Depan

ADVERTISEMENTS

 MAJALENGKA — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) menyebut, Kabupaten Majalengka akan menjadi wajah Jawa Barat sebagai pusat ekonomi, dalam kurun waktu 10-20 tahun kedepan. Kabupaten Majalengka yang masuk dalam kawasan Metropolitan Rebana ini diproyeksikan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dalam rentang waktu 10 sampai 20 tahun kedepan, wilayah Majalengka akan menjadi wajah Jawa Barat karena pengembangan kawasan industri Metropolitan Rebana,” kata Emil, saat ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Majalengka memperingati Hari Jadi ke-533 Majalengka, Kamis (8/6/2023).

ADVERTISEMENTS

Emil mengatakan, saat ini pertumbuhan ekonomi Majalengka mulai menggeliat. Hal itu didongkrak oleh beroperasinya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang membawa dampak ekonomi bagi masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Akhir bulan ini Cisumdawu bisa beroperasi penuh, maka Bandung-Majalengka bisa ditempuh kurang lebih satu jam. Ini akan membawa dampak ekonomi yang luar biasa sehingga banyak orang akan datang berwisata ke Majalengka,” ujar Emil.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pemkab Majalengka Alokasikan Rp 500 Juta untuk Rawat Gelanggang Generasi Muda

 

Pemprov Jabar juga terus mendukung pertumbuhan ekonomi Majalengka. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka bahkan mulai memberangkatkan calon jamaah haji.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

BIJB Kertajati pun diprediksi akan sibuk setelah Tol Cisumdawu beroperasi penuh akhir bulan ini. Untuk itu, Pemprov Jabar saat ini sedang menyiapkan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Majalengka, yaitu Aerocity.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Bandara Kertajati akan sangat sibuk setelah akhir bulan ini Tol Cisumdawu beroperasi penuh, maka kami sekarang sedang menyiapkan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Majalengka, yaitu Aerocity,” jelas Emil.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Emil menyebutkan, pertumbuhan ekonomi di Aerocity akan membawa transaksi ekonomi hingga triliunan rupiah. Dia pun berkomitmen bahwa tenaga kerja yang akan diserap di Aerocity diprioritaskan dari warga Majalengka.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

“Sudah saya perintahkan, mayoritas pekerja yang ada di sana (Aerocity) harus warga Majalengka didahulukan,” katanya.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) juga harus disiapkan guna menghadapi hal tersebut. “Saya hanya titip ke Bupati Majalengka agar tidak terjadi ketimpangan dalam kebutuhan SDM-nya. Jadi tolong institusi pendidikannya direspons dengan baik,” imbuhnya.

Berita Lainnya:
Dilaporkan ke Polisi, Connie Minta Maaf dan Ngaku Keliru Atas Unggahan 'Polres Milik Akses ke Sirekap'

Selain itu, pembangunan kereta cepat tahap dua yang rute akhirnya di Surabaya, Jawa Timur diproyeksikan akan melintasi kawasan Majalengka, tepatnya di Bandara Kertajati.

“Berita baiknya saya sudah rapat dengan Pak Jokowi, setelah kereta cepat tahap satu beroperasi, maka kereta cepat tahap dua akan sampai Surabaya melewati Kertajati dan Majalengka,” jelasnya.

Adapun kereta cepat tahap pertama rute Jakarta-Bandung direncanakan mulai beroperasi bulan Agustus 2023. Hadirnya kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu akan membawa lompatan ekonomi yang luar biasa.

“Agustus juga akan mulai beroperasi kereta cepat pertama di ASEAN menghubungkan Jakarta-Bandung. Ini kalau terjadi (sampai Surabaya) tentunya menjadi keluarbiasaan. Pembangunannya bukan lagi maju, tapi melompat,” kata Emil. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi