Kamis, 25/04/2024 - 20:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Komedian Jocelyn Chia Mengolok-olok Musibah MH370, Singapura Minta Maaf

ADVERTISEMENTS

SINGAPURA – Singapura menyampaikan permintaan maaf kepada Malaysia atas candaan komedian kelahiran negeri tersebut, Jocelyn Chia. Dalam penampilannya di klub Comedy Cellar, New York, AS ia menjadikan hilangnya pesawat MH370 sebagai bahan lelucon. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MH370 merupakan nomor penerbangan pesawat Malaysian Airlines yang hilang pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 orang di dalamnya. Pesawat hilang saat melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan, ia kaget dengan pernyataan menghebohkan yang disampaikan Chia. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

‘’Kami menjunjung tinggi hubungan baik dengan keluarga dan sahabat di Malaysia. Kami meminta maaf atas pernyataan yang menyerang dan menyakiti warga Malaysia,’’ katanya di Twitter, Kamis (8/6/2023). Hal serupa disampaikan Komisioner Tinggi Singapura,  Vanu Gopala Menon.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Korsel Buat Perjanjian Sediakan Dana Kerja Sama Ekonomi untuk Ukraina

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia terkejut dengan pernyataan ofensif yang dilontarkan komedian Chia.’’Pemerintah Singapura tak menoleransi perkataan atau tindakan yang membuat orang terganggu atau terluka. Chia, yang bukan lagi warga Singapura, tak mencerminkan pandangan kami,’’ ujarnya. 

Warga Malaysia terkejut setelah Chia, memilih bahan candaannya mengenai MH370. Dalam sebuah video saat tampil di Comedy Cellar ia melontarkan lelucon soal hubungan Malaysia-Singapura. Ia berkomentar mengenai pemisahan Singapura dari Malaysia pada 1965. 

Menurutnya, Singapura telah menjelma sebagai negara nomor satu dunia dan Malaysia masih menjadi negara berkembang. Chia juga mengatakan, pesawat Malaysia ‘tak bisa terbang’ dan ‘sejumlah joke menyatakan tak mendarat’.

Candaan yang Chia sampaikan ini merujuk penerbangan MH370 maskapai Malaysian Airlines yang hilang pada 2014. Menurut Channel News Asia, Video ini menjadi viral setelah Chia mengunggahnya di akun media sosialnya. 

Berita Lainnya:
Netanyahu Berjanji akan Menang Usai Kena Serangan Balasan dari Iran

Di bawahnya terdapat sejumlah komentar atas candaan yang disampaikan Chia. Intan Maizura Othaman, istri Mohd Hazrin Mohamed Hasnan, salah satu kru MH370 menuding Chia melakukan hal murahan untuk mendapatkan popularitas. 

‘’Inferioritas dan merasa tak aman kadang membuat orang menjadi sosok buruk, kemudian berlaku aneh dan tak berperasaan,’’ katanya seperti diberitakan Aljazirah. Materi komedi Chia juga memantik komentar Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir.

Ia menyatakan, Chia menujukkan kurangnya sensitivitas dan empati terhadap warga Malaysia serta keluarga korban. Komedian Malaysia, Harith Iskander menyatakan, kebebasan berekspresi dibutuhkan para komedian tetapi Chia sudah melangkah terlalu jauh. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi