Selasa, 23/04/2024 - 14:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Malaysia Kecam Komedian Singapura karena Lelucon Hilangnya Pesawat MH370

ADVERTISEMENTS

Mural tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

KUALA LUMPUR — Para pejabat Malaysia mengecam stand-up comedian atau komedian tunggal asal Singapura Jocelyn Chia karena membuat lelucon tentang insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Materi lawak itu dibawakan Chia ketika tampil di sebuah pertunjukan komedi tunggal di Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, di materi komedinya, Chia membuat kelakar tentang Malaysia yang tertinggal jauh dari Singapura sejak kedua negara itu terpisah pada 1965. Kemudian dia menyinggung tentang pesawat Malaysia yang tidak bisa terbang. “Mengapa? Apakah hilangnya Malaysia Airlines tidak lucu? Beberapa lelucon tidak masuk akal,” kata Chia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir mengkritik keras materi komedi tunggal Chia. Menurut Zambry, candaan Chia soalnya hilangnya pesawat Malaysia Airlines menunjukkan kurangnya kepekaan dan empati terhadap warga Malaysia serta keluarga para korban.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Presiden Polandia Veto RUU tentang Pil Pencegah Kehamilan, Hanya dengan Resep Dokter

“Video ini juga dengan jelas menggambarkan perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai negara-negara Asia yang terkenal dengan tata krama dan moralnya,” ujar Zambry dalam sebuah pernyataan, Kamis (8/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Merespons situasi tersebut, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan segera menyampaikan permohonan maaf kepada Malaysia. Balakrishnan mengatakan Chia tidak berbicara atas nama masyarakat Singapura.

“Kami menghargai ikatan kami dengan keluarga dan teman-teman di Malaysia, dan mohon maaf atas pelanggaran serta rasa sakit hati yang ditimbulkan kepada semua warga Malaysia,” ucapnya lewat akun Twitter resminya.

Berita Lainnya:
Israel Peringatkan Empat Negara Eropa yang Berencana Akui Negara Palestina

Beberapa pejabat Singapura mengungkapkan, Chia bukan lagi warga negara mereka. Media Singapura, The Straits Times melaporkan, saat ini Chia sudah menjadi warga negara AS.

Karena telah memicu kontroversi dan kritik keras, Chia sudah menghapus videonya ketika membawakan materi tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines. Namun, video tersebut masih dapat ditemukan di beberapa situs.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada Maret 2014. Pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing itu mengangkut 227 penumpang dan 12 awak. Pesawat tersebut diperkirakan telah berpindah ribuan mil jauhnya dari Samudra Hindia selatan sebelum membentur pantai Australia Barat. Hingga kini belum ada penjelasan pasti mengenai penyebab hilangnya Malaysia Airlines MH370.

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi