Kamis, 18/04/2024 - 22:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PGN Beli Kembali Obligasi Rp 7,43 Triliun Guna Perkuat Bisnis

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan pembelian kembali (buyback) surat utang senilai 499,85 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 7,43 triliun. Langkah itu dilakukan sebagai upaya dalam mengelola utang dengan lebih terukur, prudent dan efisien sehingga dapat memperkuat eksekusi setiap rencana bisnis ke depan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Corporate Secretary PGN Rachmat Hutama dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (8/6/2023), menjelaskan surat utang yang dilunasi adalah sisa pokok Senior Notes due 2024 sebesar 950 juta dolar AS atau setara Rp 14,2 triliun, yang masa penawaran tendernya telah habis. Setelah buyback ini, Ia menyebut nilai surat utang PGN yang tidak terserap tersisa 450,14 juta dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Penggunaan fasilitas pinjaman dan kas internal untuk pembayaran kembali surat utang tidak berdampak terhadap likuiditas perseroan,” ujar Rachmat.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PLN Bekasi Respons Cepat Gangguan Listrik Akibat Hujan  

Sebelumnya, PGN direncanakan melaksanakan tender offer untuk membeli secara tunai seluruh surat utang senior berbunga 5,1 persen yang jatuh tempo pada 2024. Harga penawaran tender sebesar 1.006 dolar AS per 1.000 dolar AS, yang akan didanai menggunakan dana pinjaman komersial eksternal dan dana internal perusahaan.

 

Tender offer ini dilakukan sebagai langkah proaktif perseroan dalam mengelola obligasi (surat utang) yang akan jatuh tempo,” ujar Rachmat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Adapun, masa penawaran tender berlaku hingga 25 Mei 2023 pukul 17.00 waktu New York, AS, kecuali diperpanjang atau dihentikan lebih awal seperti yang dijelaskan dalam memorandum penawaran tender.

Rachmat menjelaskan langkah PGN untuk menata kembali pinjaman telah berlangsung sejak 2022. Perseroan melakukan pembelian kembali obligasi dengan jumlah pokok agregat sebesar 400 juta dolar AS menggunakan dana internal perusahaan pada Desember 2022.

Berita Lainnya:
PNM Berhasil Salurkan Rp 12,5 Triliun dan Berdayakan 15,1 Juta Nasabah Ultra Mikro

Pasca tender offer, utang obligasi perusahaan menyusut dari 1,7 miliar dolar AS menjadi sekitar 1,3 miliar dolar AS.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada pekan lalu (30/5/2023), perseroan menetapkan pembagian dividen sebesar 228,36 juta dolar AS, atau setara dengan 70 persen laba bersih tahun buku 2022 yang sebesar 362 juta dolar AS. Dividen yang dibagikan setara Rp 141,05 per saham, yang mana dengan harga saham PGAS yang di level Rp 1.430 per saham, maka yield dividen PGN sebesar 9,86 persen.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi