Jumat, 19/04/2024 - 13:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Tunda Operasional Kereta Cepat, Pengamat: KCIC Bisa Fokus Bayar Utang ke Wika

ADVERTISEMENTS

Rangkaian kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) melaju saat menjalani uji coba di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Associate Director BUMN Research Group Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menyampaikan, aspek safety atau keselamatan harus menjadi prioritas utama bagi setiap transportasi. Terlebih dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang memiliki kecepatan tinggi. Toto menilai penundaan operasional merupakan langkah bijak jika memang PT KCIC belum siap menjalankan kereta cepat pertama di Indonesia tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
AP II Uji Kesiapan Sistem Kelistrikan Bandara Soekarno-Hatta

“Untuk aspek safety saya kira wajar saja permintaan penundaan peresmian KCJB,” ujar Toto saat dihubungi Republika di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

ADVERTISEMENTS

Toto menilai PT KCIC bisa fokus menyelesaikan sejumlah fasilitas jika memang tidak bisa tuntas pada Agustus mendatang. Dengan penundaan operasional, lanjut Toto, proyek KCJB juga bisa leluasa merampungkan sejumlah persoalan, salah satunya utang konsorsium kepada PT Wijaya Karya (Wika).

Berita Lainnya:
KCIC Prediksi Terjadi Lonjakan Penumpang Kereta Cepat Hari Ini

Toto menyampaikan, Wika merupakan salah satu BUMN karya yang tengah mengalami tekanan arus kas yang cukup berat. Toto menilai Wika membutuhkan pencairan piutang sebagai dana segar untuk melanjutkan pekerjaan pada proyek KCJB maupun proyek strategis lain. 

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Salah satunya piutang pada pekerjaan konstruksi yang sudah dikerjakan di proyek KCJB. Jadi wajar saja kalau tagihan ini dilakukan,” kata Toto.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi