Jumat, 19/04/2024 - 22:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tambah Wawasan Masyarakat, Usbat Sumut Bahas Praktik Tata Cara Sholat Sesuai Sunah

ADVERTISEMENTS

 MEDAN — Jaringan relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Sumatera Utara bersilaturahmi dengan para jemaah Majelis Taklim An-Nur untuk memberikan edukasi bertajuk “Praktik Tata Cara Sholat Wajib Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW” di Jalan Benteng Hulu, Kelurahan Tembung, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan.  Ahmad Dairobi selaku Wakil Koordinator Wilayah Usbat Ganjar Sumut mengatakan, perintah melaksanakan sholat wajib termaktub dalam Al-Qur’an dan hadits nabi Muhammad SAW. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Namun pada pelaksanaannya, masih ada segelintir masyarakat yang belum mengetahui rukun-rukun sesuai syariat maupun sunah Rasulullah dalam sholat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kami menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan masalah rukun sholat, sunah sholat begitu juga dengan tata cara pelaksanaan ibadah salat,” ucap Dairobi.

ADVERTISEMENTS

Dalam kesempatan itu Dairobi menjelaskan beberapa rukun dan sunnah Rasulullah ketika mendirikan sholat untuk menambah wawasan ibu-ibu jemaah Majelis Taklim An-Nur.

Dairobi menyebut, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah mengajarkan tata cara sholat dengan keutamaan gerakannya yang dimulai dari niat hingga salam.

Berita Lainnya:
Pengamat: Jokowi Pegang Kartu Truf Para Ketum Meski Tak Punya Partai

Sebagai umat Islam sudah sepatutnya berusaha melaksanakan ibadah sholat dengan baik dan benar secara gerakan maupun bacaan salat sesuai syariat, rukun sholat dan sunah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di sisi lain, acara tersebut dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi serta ukhuwah islamiah sehingga menciptakan kerukunan antarmasyarakat.

“Setelah dilaksanakan kegiatan ini kami berharap agar kiranya masyarakat yang ada di sini benar-benar melaksanakan ibadah itu dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang diajarkan oleh nabi kita Muhammad SAW,” ungkap Dairobi.

Untuk menunjang kegiatan-kegiatan majelis taklim maupun masyarakat sekitar, Usbat Ganjar Sumut turut menyerahkan sejumlah stimulus berupa seperangkat alat pengeras suara serta tikar anyaman.

Siti Saripah (59 tahun) selaku Ketua Majelis Taklim An-Nur mengaku senang atas kehadiran Usbat Ganjar Sumut dalam menebar kabaikan dan hal-hal positif.

Berita Lainnya:
Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Gus Muhdlor Akui Hormati Proses Hukum

“Acara ini sangat memuaskan dan mengucapkan terima kasih apa yang diberikan bermanfaat untuk kami,” kata Siti.

Aksi mengedukasi sebelumnya dilakukan kelompok serupa di Sumut dengan menggelar pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta’alimin di Dusun VIII Tanjung Tiga, Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. 

Koordinator Daerah (Korda) Usbat Ganjar Kabupaten Langkat Muhammad Rizki mengatakan pihaknya mengatakan Kabupaten Langkat membutuhkan banyak sekali khatib untuk berkhotbah saat sholat Jumat. Karena itu, pihaknya menghelat pelatihan tersebut agar makin banyak warga yang mampu menjadi khatib di wilayah tersebut.

“Hari ini kami melaksanakan pelatihan khatib Jumat karena di daerah ini membutuhkan banyak khatib untuk salat Jumat,” kata dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi