Kamis, 25/04/2024 - 22:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Mentan: Sektor Pertanian Jadi Penopang Ekonomi Nasional Selama Pandemi

ADVERTISEMENTS

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 PADANG — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan selama tiga tahun terakhir Indonesia dan negara-negara di dunia dilanda pandemi COVID-19 sektor pertanian menjadi bantalan atau penopang ekonomi nasional. “Selama pandemi COVID-19 hanya sektor pertanian yang tumbuh, ini bukan Kementerian Pertanian yang buat data tapi BPS,” kata Mentan RI Syahrul Yasin Limpo di Padang, Sabtu (10/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Hal tersebut disampaikan Mentan RI pada pembukaan Penas Tani Ke-XVI yang dipusatkan di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat 10 hingga 15 Juni 2023. Mengingat pertanian menjadi satu-satunya sektor yang tumbuh saat pandemi COVID-19, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan terima kasih kepada gubernur, bupati, wali kota terutama petani dan nelayan se-Indonesia karena membantu menyelamatkan perekonomian nasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kementerian ESDM Tetapkan 1.215 Wilayah Pertambangan Rakyat, Ini Daftarnya

“Presiden menyampaikan terima kasih sebab kita (pertanian) bisa menjadi bantalan ekonomi serta menjadikan Indonesia negara yang terbaik dalam menghadapi turbulensi COVID-19,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Bahkan, berdasarkan data, nilai ekspor Indonesia juga meningkat drastis sekitar enam persen atau dari Rp300 triliun menjadi Rp665 triliun. Dalam pidatonya, eks Gubernur Sulawesi Selatan Ke-7 tersebut mengatakan kepala negara juga mengimbau dan mendorong pemerintah daerah agar tidak hanya mengandalkan APBN maupun APBD dalam memajukan sektor pertanian.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Perkuat Program Pompanisasi, Kementan Dorong Listrik Masuk Sawah

Pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota harus bisa menjalin kerja sama dengan Bank Himbara untuk memajukan pertanian melalui mekanisme kredit usaha rakyat (KUR). “KUR ini merupakan program Presiden dan mendapat pengakuan dunia sehingga harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Pada tahun 2020 dana KUR yang digunakan sektor pertanian mencapai Rp55 triliun, dan hanya 0,03 persen pembayaran yang macet. Artinya, petani di Indonesia bisa dipercaya menggunakan dana yang ada di perbankan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi