Harian Aceh Indonesia menampilkan berbagai iklan online kepada para pengunjung. Mohon dukungannya untuk membiarkan situs kami ini tetap menayangkan iklan dan dijadikan whitelist di ad blocker browser anda.
Sabtu, 02/12/2023 - 06:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kereta Api Indonesia Paling Unggul di Antara Negara ASEAN

Transportasi kereta api cepat Indonesia paling unggul di antara negara-negara asia tenggara (ASEAN).

JAKARTA — Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) Dr.Ir. Budhi Muliawan Suyitno, menyatakan transportasi kereta api cepat Indonesia paling unggul di antara negara-negara asia tenggara (ASEAN).

“Transportasi berbasis rel di Indonesia sangat lengkap ada KRL, ada yang tradisional, ada LRT, MRT, kemudian ada kereta api cepat lengkap ini Indonesia,” kata Budhi Muliawan di Kampus UP Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Ia mengatakan kereta api cepat itu definisinya dengan mempunyai kecepatan di atas 200 km per jam. “Kalau di bawah 200 km per jam berarti masih lambat,” ujarnya.

Jadi Malaysia belum ada kereta api cepat, begitu juga dengan Thailand dan juga Filipina belum ada. “Kita lihat kereta api kita bersih, on time perfomance (tepat waktu) juga sudah diterapkan, begitu juga pelayanan bagus tidak kalah dengan pesawat,” katanya.

 

Untuk itu kata Budhi, FTUP Jakarta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) andal dalam industri perkeretaapian dengan membuka program studi sarjana teknik perkeretaapian.

Ia mengatakan Prodi Teknik Perkeretaapian FTUP adalah program studi baru yang saat ini memiliki keistimewaan dikarenakan program tersebut adalah satu-satunya program studi (prodi) sarjana teknik perkeretaapian yang dikelola oleh perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia.

“Saat ini sudah ada 54 orang calon mahasiswa baru yang mendaftar di Prodi Teknik Perkeretaapian FTUP,” katanya.

Budhi Muliawan menjelaskan industri kereta api Indonesia tumbuh sangat cepat ada MRT, LRT dan juga kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung sehingga diperlukan SDM yang unggul untuk menyeimbangkan kemajuan industri kereta api.

“Industri kereta api merupakan ramah lingkungan, massal sifatnya yang merupakan angkutan masa depan,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi
Click to Hide Advanced Floating Content

Click to Hide Advanced Floating Content