Minggu, 14/04/2024 - 22:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Saturnus Bertemu dengan Super Blue Moon, Lihat Keindahannya

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA— Planet Saturnus bertemu dengan Super Blue Moon Rabu (30/8/2023) malam. Super Blue Moon, bulan purnama kedua bulan ini, akan melintas dalam jarak sekitar dua derajat dari Saturnus- hanya selebar satu jari dan panjang lengan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada waktu yang hampir bersamaan, kedua benda langit tersebut akan berbagi susunan yang oleh para astronom disebut konjungsi, yang berarti keduanya memiliki garis miring ke kanan, atau garis bujur, yang sama di langit. Bulan dan Saturnus akan berada di konstelasi Aquarius selama pendekatan jarak dekat dan konjungsi. 

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

Menurut In The Sky, dilansir Space, Kamis (31/8/2023), dari New York City, kedekatan Bulan dan Saturnus akan terlihat tepat setelah matahari terbenam sekitar pukul 19.25 EDT (pukul 23.25 GMT) pada Rabu (30/8/2023) saat ia terbit dari ufuk timur. 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Bulan dan raksasa gas tersebut kemudian akan terbenam sekitar pukul 06.07 EDT (pukul 10.07 GMT), tepat sebelum matahari terbit, pada Kamis (31/8/2023). Selama pendekatan Bulan ke Saturnus, jarak keduanya akan terlalu jauh untuk dilihat bersama-sama dengan bidang pandang teleskop yang sempit, namun akan cukup rapat untuk dilihat bersama-sama dengan teropong. 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Cuaca Ekstrem, Seluruh Kawasan Wisata Tahura Raden Soerjo Ditutup

 

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selama konjungsi, Bulan akan memiliki magnitudo -12,8, dengan awalan minus menunjukkan adanya objek yang sangat terang di atas Bumi, sedangkan Saturnus akan lebih redup dengan magnitudo 0,4. Bulan akan mendominasi Saturnus dalam hal ukuran nyata di langit malam, namun tentu saja hal ini merupakan efek kedekatan Bulan dengan Bumi dibandingkan dengan Saturnus, yang merupakan planet keenam dari matahari (Bumi adalah planet ketiga).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Dari segi ukuran sebenarnya, Bulan jauh lebih kecil dari Saturnus, artinya jika kedua benda langit tersebut berada pada jarak yang sama dari Bumi, raksasa gas tersebut akan dengan mudah menguasai langit malam di atas Bumi, bukan di Bulan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Mengintip Lontaran Awan Plasma Matahari yang Hasilkan Aurora Spektakuler

Bulan memiliki diameter sekitar 2.200 mil (3.500 kilometer), sekitar seperempat diameter planet kita, sedangkan Saturnus memiliki diameter sekitar 72.300 mil (116.500 kilometer), yaitu sekitar 9,5 kali lebih lebar dari Bumi. Oleh karena itu, dibutuhkan setidaknya 34 benda seukuran Bulan kita untuk mengelilingi ekuator Saturnus sepenuhnya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Besarnya skala raksasa gas ini menjadi semakin menakutkan ketika mempertimbangkan volumenya. Bumi akan memuat sekitar 50 bulan dalam ruang yang diisinya, sementara dibutuhkan sekitar 760 Bumi untuk mengisi volume Saturnus. Artinya, dibutuhkan sekitar 3.800 Bulan untuk menempati ruang yang ditempati raksasa gas tersebut, yang merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi