Rabu, 24/07/2024 - 20:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Ikhtiar Bank Muamalat Menerapkan GRC di Lingkup Internal

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memiliki komitmen tinggi dalam menerapkan Governance, Risk, and Compliance (GRC) di lingkup internal. Cara ini adalah ikhtiar Bank Muamalat dalam menjalankan proses bisnisnya dengan senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Termasuk aspek kebijakan dan prosedur, produk, proses dan sumber daya manusia. Hal tersebut menjadi bagian penting dalam penerapan manajemen risiko yang lebih baik yang meliputi proses identifikasi, pengukuran, pemantauan dan pengendalian risiko.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Penerapan ini membantu kami mengelola risiko dengan lebih baik, memastikan kepatuhan terhadap peraturan, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Dalam penerapan GRC, kami juga didukung oleh teknologi informasi yang andal yang mendukung dalam evaluasi dan pengambilan keputusan yang tepat bagi bank,” ujar Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan dalam keterangan Jumat (1/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Indra melanjutkan, saat ini Bank Muamalat juga telah menerapkan sejumlah ketentuan baru dari OJK antara lain terkait tingkat security maturity dan tingkat digital maturity. Selain itu, aspek GRC dikokohkan dengan membangun sinergi antara jajaran dewan komisaris, direksi perusahaan dan juga dewan pengawas syariah.

Berita Lainnya:
Direktur Utama PNM Ajak PPI Dunia Berdayakan Masyarakat Akar Rumput  
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Karena, kunci keberhasilan Bank Muamalat dalam penerapan manajemen risiko berlandaskan pada kerangka manajemen risiko, yang dibangun dari nilai-nilai good corporate governance (GCG) dan corporate value serta penguatan risk awareness di seluruh lini kerja bank.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Upaya tersebut direalisasikan melalui implementasi budaya risiko, komunikasi internal yang baik, kecukupan pelatihan dan sertifikasi terkait manajemen risiko, serta penerapan reward and punishment yang diatur dalam ketentuan perusahaan (Ittifaq).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Peningkatan dalam aspek GRC di Bank Muamalat juga mendukung rencana pencatatan saham atau listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dijadwalkan akan direalisasikan pada akhir tahun ini. Sebagai perusahaan berstatus terbuka dan akan tercatat di BEI, maka implementasi GRC yang baik tentunya sangat berpengaruh pada kredibilitas perusahaan di pasar dan di mata para pemangku kepentingan.

Berita Lainnya:
Bukan Cabut, Bahlil Sebut Investasi BASF dan Eramet Ditunda
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Ikhitar Bank Muamalat ini pun berbuah manis. Pionor bank syariah pertama di Indonesia itu berhadil meraih penghargaan di ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 atas keberhasilannya dalam penerapan GRC.

Bank Muamalat memenangkan sejumlah kategori penghargaan di antaranya adalah The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023 (banking industries), Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan sebagai The Best CEO For GRC Excellence 2023, dan Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat Hayunaji sebagai The Best Corporate Secretary 2023.

Sebagai informasi, perusahaan pemenang dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh Business News ini dinilai dalam beberapa aspek, diantaranya adalah telah memiliki kelengkapan sistem dan infrastruktur GRC yang baik serta dianggap berhasil dalam hal implementasi GCG, risk management, dan compliance management untuk mendukung tumbuhnya bisnis secara berkelanjutan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

لَّٰكِنَّا هُوَ اللَّهُ رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِرَبِّي أَحَدًا الكهف [38] Listen
But as for me, He is Allah, my Lord, and I do not associate with my Lord anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [38] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi